nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Senin Depan, Pemerintah Umumkan Pemenang Lelang 6 Blok Migas

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 19:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 320 1963355 senin-depan-pemerintah-umumkan-pemenang-lelang-6-blok-migas-LtNV61p0pH.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera mengumumkan pemenang dari enam blok migas atau wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi. Pasalnya, Kementerian ESDM telah menyelesaikan lelang enam blok atau wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas).

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, pihaknya telah menutup proses‎ lelang enam blok migas, terdiri dari tiga blok migas eksplorasi dan tiga blok migas produksi. Dari proses tersebut mayoritas ‎di minati kontraktor.

"Proses lelang enam wilayah kerja migas sudah selesai. Mayoritas diminati, nanti untuk detailnya hari Senin‎," kata Arcandra di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Baca Juga: Dilelang, 6 Blok Migas 'Laris Manis'

Seperti diketahui, tiga blok eksplorasi yakni Blok Banyumas, Blok Andika Bumi Kita di Riau dan Blok Southeast Mahakam. Sedangan tiga blok produksi yakni Blok Makassar Strait, Blok South Jambi B, dan Blok Selat Panjang.

 

Adapun rincian blok migas yang dilelang sebagai berikut, Blok Banyumas dengan luas 3.611,9 km persegi, terletak di onshore antara Jawa Tengah-Jawa Barat dengan minimum bonus tanda tangan sebesar USD500 ribu. komitmen kerja pasti untuk tiga tahun pertama berupa G&G, satu kali eksplorasi atau mengebor sumur.

Blok Andika Bumi Kita dengan luas area 8.340 km persegi terletak di offshore Jawa Timut dengan kedalaman kurang dari 200 meter. Maksimum bonus tandatangan sebesar USD500 ribu, dengan komitmen kerja pasti tiga tahun pertama G&G, dan satu kali eksplorasi atau mengebor sumur.

Baca Juga: Intip 3 Skenario Ketersediaan Gas Bumi di Indonesia

Southeast Mahakam dengan luas 1.525,8 km persegi beradal di offshore Kalimantan dengan kedalaman di bawah 100 meter. Bonus minimum tanda tangan sebesar USD500 ribu, dengan komitmen kerja pasti satu kali eksplorasi atau mengebor sumur.

 

Blok Selat Panjang dengan luas 1.316,6 km persegi di onshore Riau. Bonus tanda tangan minimum USD5 juta. Potensi produksi minyak dari blok tersebut bisa di atas 4 ribu barel per hari dan gasnya bisa kembali ke 20 mmscfd.

Blok South Jambi luasnya 1.539 km persegi berada di onshore Jambi dengan minimum bonus tanda tangan USD5 juta.

Blok Makassar Strait dengan luas 1.555 km persegi berada di offshore Selat Makassar, dengan minimum bonus tanda tangan USD5 juta.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini