nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag: Tahun Depan Semua Produsen Harus Miliki Sertifikasi Halal

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 21:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 17 320 1965444 menag-tahun-depan-semua-produsen-harus-miliki-sertifikasi-halal-k6TBxSoGyf.jpg Rakernas Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta.

Pada acara tersebut dihadiri juga Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Ketua BPJPH Sukoso, rektor perguruan tinggi dilingkungan Kementerian Agama dan pejabat Kementerian Agama.

Menteri Agama Lukman mengatakan, dirinya ingin semua pihak yang hadir pada acara ini, bisa menyampaikan kepada masyarakat, Undang-undang (UU), Nomor 33 Tahun 2014, terkait jaminan produk halal.

"Pesan saya yaitu, setiap orang yang hadir di sini bisa membaca UU Nomor 33 Tahun 2014 itu karena, saudara-saudara di sini nantinya yang menjadi rujukan oleh masyarakat," kata Lukman dilokasi, Rabu (17/10/2018).

Baca Juga: BI Andalkan Industri Halal Topang Pertumbuhan Ekonomi

Dia berharap Peraturan Pemerintah (PP) terkait Jaminan Produk Halal (JPH) bisa segera disahkan oleh pemerintah. Sebab, apabila PP JPH itu tidak diterbitkan, BPJPH tidak dapat melakukan sertifikasi halal.

"Rancangan PP ini tinggal akhir karena kita tinggal menunggu paraf dari kementerian-kementerian terkait. Mudah-mudahan bulan ini, tidak sampai menunggu akhir tahun, ini (PP PJH) bisa dilahirkan," tuturnya.

Baca Juga: Ekonomi Halal Jadi Arus Baru Dorong Perekonomian Global

Dia menjelaskan, bahwa PP JPH ini perlu segera diterbitkan karena pada 17 Oktober 2019 mendatang ditargetkan, agar semua produk sudah harus memiliki sertifikasi halal.

"Jadi, BPJPH punya deadline bahwa pada 17 Oktober tahun depan 2019, semua produsen, mereka yang memproduksi bahan-bahan makanan, obat-obatan dan alat kosmetika itu sudah harus memiliki sertifikat halal," pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini