nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ujian CPNS Segera Dimulai, Waktunya Hanya 90 Menit

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 08:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 22 320 1967107 ujian-cpns-segera-dimulai-waktunya-hanya-90-menit-wcT6OLkHxR.jpg Ilustrasi: Foto Antara

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, setelah seluruh hasil kelulusan peserta CPNS 2018 seleksi administrasi selesai, nantinya akan segera diumumkan kapan dan di mana peserta yang lulus bisa mengikuti tahap selanjutnya. Adapun tes atau seleksi selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Bagi yang lulus seleksi administrasi, Kartu Tanda Peserta Ujian Dapat Dicetak oleh peserta yang dinyatakan lulus melalui laman SSCN pada 21 Oktober-26 Oktober 2018. Pencetakan sendiri menggunakan Nomor Induk Kepegawaian dan password yang sama dengan NIK dan password saat pendaftaran di portal SSCN.

Baca Juga: Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 Diumumkan Serentak pukul 19.00

Adapun Waktu pelaksaanaan SKD juga nantinya akan diumumkan kemudian di laman BKN. Mengenai teknis pelaksanaan SKD nantinya akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) selama 90 menit dengan materi terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum dan Wawasan Kebangsaan.

"Nanti setelah tanggal 21 semua sudah diumumkan ada waktu untuk mengumumkan siapa mendapat lokasi tes SKD, di mana dan kapan," jelas Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Baca Juga: Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 di Sini

Seperti yang diberitakan Okezone, BKN telah merilis daftar dan nama-nama para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos seleksi Administrasi. Pengumuman sendiri dilakukan lewat BKN lewat portal SSCN.

Pihaknya menargetkan agar pengumuman CPNS 2018 dari seluruh lembaga dan instansi paling lambat diumumkan pada hari ini. Para peserta bisa mengetahui pengumuman lulus atau tidaknya lewat website SSCN ataupun website pribadi dari lembaga terkait.

Baca Juga: 1.015 Peserta CPNS Lulus Seleksi Administrasi Formasi Kemenpan-RB

Sementara itu,berdasarkan data BKN hingga pukul 20.27 WIB ini baru sekitar Instansi yang mengumumkan hasil seleksi administrasinya via portal SSCN. Keempat puluh instansi tersebut yakni Komisi Yudisial, lalu ada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Kementerian Sekretariat Negara, 38 Pemerintah Kota dan Kabupaten se-Jawa Timur dan Pemerintah Kota Bandung.

Kemudian ada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Komisi Nasional HAM (Komnas HAM), Badan Pemeriksa Keuangan, Kabupaten Kendal dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Kemudian ada Kabupaten Subang, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Keamanan Laut (Bakamla), Pemerintah Kota Sibolga, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Cilacap, Kota Depok, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora.

Lalu Kementerian Luar Negeri, Pemkab Ciamis, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Tegal, Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Bangka Kabupaten Bangka Tengah hingga Pemprov Jawa Tengah juga sudah mengumumkan. Selanjutnya ada Kabupaten Banyuasin, LAPAN, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), PPATK, Kementerian Keuangan, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bantu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan terakhir Pemerintah Kota Palembang.

Bagi para pelamar yang melamar ke posisi pada instansi tersebut bisa langsung segera melihat hasilnya lewat portal SSCN. Atau para pelamar juga bisa melihatnya lewat website pribadi dari instansi tersebut.

"Kami wajibkan instansi masing-masing melakukan pengumuman di website masing-masing (juga) supayaaksima. Pengumuman harus disampaikan kepada publik paling lambat 21 Oktober 2018," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini