nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Swasta Diminta Aktif Terlibat di Pembangunan Daerah

Erie Prasetyo, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 13:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 24 320 1968284 swasta-diminta-aktif-terlibat-di-pembangunan-daerah-sAzwE9MUXI.jpeg Ilustrasi: Shutterstock

MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengajak seluruh masyarakat, khususnya perusahaan swasta ikut menyukseskan program pembangunan berkesinambungan.

"Kolaborasi dari pihak swasta sangat dibutuhkan pemerintah untuk menyukseskan pembangunan berkelanjutan," kata Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, Kamis (24/10/2018).

Baca Juga: Peringatan Keras Sri Mulyani ke Kemenhub soal Infrastruktur

Dalam Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang digagas oleh PTTEP Indonesia dan MM – Sustainability Universitas Trisakti ini, Musa mengingatkan kolaborasi itu sangat penting untuk terus dilanjutkan.

Menurutnya, Pemprov Sumut tengah berupaya menyusun dan merencanakan program-program yang berkelanjutan jangka panjang. "SDGs atau yang juga dikenal dengan pembangunan berkelanjutan dikordinir Bappenas dan didelegasikan pada tiap-tiap Bappeda. Tapi isu-isu ini belum familiar di tengah masyarakat," tegas Musa.

Penataan Infrastruktur Jelang Asian Games 2018 

Dia menambahkan, membangun kemitraan guna mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan tidak dapat tercapai jika hanya datang dari pemerintah dan swasta, tetapi juga masyarakat. "Mereka yang akan merasakan dampak langsung dari hasil pembangunan berkelanjutan. Karena itu sangatlah penting agar masyarakat di sadarkan akan isu ini," tutur dia.

Musa juga mengajak perusahaan-perusahaan swasta agar terus membangun CSR. "CSR tidak selalu harus dalam bentuk dana, namun bisa dalam bentuk fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat, seperti rumah sakit, sekolah dan lain-lain, agar dapat terciptanya dampak yang berkelanjutan.

Baca Juga: 10 Proyek Strategis Nasional Rampung Akhir 2018

Sementara itu, General Affairs Manager PTTEP Indonesia, Bapak Afiat Djajanegara dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya mendengar ajakan Pemerintah untuk bersama-sama membantu Indonesia menjaga komitmen guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

“Kami mendengar ajakan Pemerintah Indonesia untuk bersama-sama membantu Indonesia menjaga komitmen guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Kami harap di kemudian hari, inisiatif seperti ini juga akan dilakukan oleh sektor swasta lainnya, sehingga betul-betul menciptakan dampak pembangunan yang berkelanjutan,” papar Afiat.

Melihat Lebih Dekat Pembangunan Infrastruktur MRT yang Telah Capai 92,50% 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini