Presiden Jokowi: Pembangunan Infrastruktur untuk Ekonomi dan Mempersatukan Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 31 320 1971350 presiden-jokowi-pembangunan-infrastuktur-untuk-ekonomi-dan-mempersatukan-indonesia-lCpwT9bqNX.jpg Presiden Jokowi Bagikan Sertifikat Tenaga Konstruksi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo buka-bukaan tentang program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur bisa meningkatkan perekonomian negara.

Di samping itu, yang paling penting dari pembangunan infrastruktur adalah untuk mempersatukan Indonesia sebagai negara yang luas ini. Sebab menurut Jokowi, dengan membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, tidak akan adalagi daerah yang merasa terisolasi dan tertinggal dari daerah lainya.

Baca Juga: Swasta Diminta Aktif Terlibat di Pembangunan Daerah

Pasalnya, seluruh aksesbilitas menuju daerah tersebut bisa terbuka dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut. Kendaraan dan pasokan barang pun yang tadinya sulit menjadi lancara akibat pembangunan infrastruktur tersebut.

"Semua ini dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas. Membuka keterisolasian, memudahkan biaya logistik. Jadi ini bukan saja soal mempercepat pembangunan ekonomi tapi untuk memperasatukan Indonesia," ujarnya dalam acara Indonesia Kosntruksi Week 2018 di JIExpo, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Menurut Jokowi, selain mempersatukan Indonesia, tujuan dibangunnya infrastruktur yang begitu masif juga bertujuan untuk menjalankan sila ke-5 dalam Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sebab saat ini, pembangunan tidak lagi bersifat Jawa Sentris melainkan Indonesia Sentris.

"Dan juga bisa menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia. Jadi jangan dilihat dari urusan ekonomi," ucapnya.

Baca Juga: Peringatan Keras Sri Mulyani ke Kemenhub soal Infrastruktur

Sebagai salah satu contohnya adalah dengan adanya pembangunan Bandara, masyarakat yang tinggal di wilayah Aceh bisa berpergian menuju Papua begitupun sebaliknya. Selain itu, dengan adanya pembangunan jalan di Papua, maka kendaraan logistik mulai bisa masuk ke sana.

Tak hanya infrastuktur jalan dan Bandara saja, pemerintah juga membangun infrastruktur lainnya seperti tenaga listrik. Dengan adanya pembangkit listrik maka wilayah-wilayah terpencil seprti Papua perlahan mulai menikmati listrik.

Selain itu, pembangunan infrastruktur juga akan membuka lapangan-lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Sebab untuk membangun infrastruktur, pemerintah membutukan tenaga-tenaga konstruksi yang cukup banyak.

"Kita tahu bahwa dalam empat tahun terakhir ini kita fokus berkonsentrasasi dalam membangun infrastruktur baik dalam pembangunan jalan raya, Jalan Tol, Bandara, Bendungan, Waduk, Jaringan Irigasi, Pembangkit Tenaga Listrik, Pos Batas Negara dan infrastruktur lainya. Adanya Bandara, orang bisa terbang dari Aceh ke Papua. Orang bisa terbang dari Jawa ke Maluku Utara semuanya bisa. Ini yang saya bilang," jelasnya.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini