nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berlian Super Spesial Pink Legacy, Laku Dilelang Rp733 Miliar

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 13:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 16 320 1978677 berlian-super-spesial-pink-legacy-laku-dilelang-rp733-miliar-fvHBpOhHlD.jpg Foto: Berlian Pink Legacy (Koran Sindo)

JENEWA – Berlian yang di juluki sebagai Pink Legacy dengan 19 karat di beli perusahaan perhiasan berbasis di Amerika Serikat, Harry Winston, senilai USD50 juta (Rp733 miliar).

Batu mulia itu terjual dalam sebuah lelang di balai lelang Christie’s, Jenewa, Swiss, Selasa (13/11/2018) waktu setempat. CEO Harry Winston Nayla Hayek, putri mendiang pendiri Swatch Nicolas Haye, akan mengganti nama berlian itu menjadi The Winston Pink Legacy.

Menurut Balai Lelang Christie’s, berlian mewah tersebut akan menambang koleksi perhiasan langka milik Harry Winston. Lelang itu mencapai pemecahan rekor dibandingkan dengan penjualan berlian sebelumnya di Balai Lelang Christie’s. Lelang itu hanya berlangsung sekitar lima menit dan diikuti lima orang.

Mereka saling adu harga tertinggi melalui telepon. Kepala Perhiasan Internasional Christie’s Rahul Kadakia, selain Harry Winston, kolektor perhiasan asal Asia juga mengikuti lelang tersebut. “Anda mengetahui bahwa Pink Legacy merupakan berlian yang sangat spesial,” kata Kadakia, dilansir CNN.

“Pink Legacy merupakan berlian terbaik dan sempurna baik dari segi ukuran dan warna. Itu juga mencatat rekor terbaru,” ujarnya. Kadakia mengungkapkan, Pink Le gacy akhirnya jatuh ketangan Harry Hayek, CEO Harry Winston.

“Pada 2013, mereka membeli pertama berlian bernama ‘D’ yang diberi nama Winston Legacy. Sejak itu mereka mulai mengoleksi perhiasan mahal,” tuturnya. Selain Pink Legacy, Christie’s juga melelang banyak perhiasan lain. Total penjualan perhiasan itu mencapai USD110 juta.

“Sebanyak 86% perhiasan itu jatuh ke tangan pemilik baru,” kata Kepala Balai Lelang Christie’s Fran cois Curiel seperti dilansir Reuters. Menurut Curiel, lelang Pink Legacy tersebut memecahkan rekor karena harganya yang fantastis.

Dengan dibanderol USD50 juta, maka harga perkaratnya menjadi rata-rata menjadi USD2,637 juta. “Itu menjadi rekor terbaru untuk harga berlian pink,” ujar Curiel yang juga dikenal sebagai pakar perhiasan. Dia bahkan berani mengatakan bahwa berlian tersebut adalah Leonardo DaVinci.

“Saya pikir tidak ada yang lebih baik dibanding berlian tersebut,” katanya. Pink Legacy memiliki kejernihan tertinggi dengan tingkat intensitas warna terbaik. Balai lelang Christie’s menyatakan perhiasan itu belum pernah berubah bentuk sejak pertama kali dipotong pada 1920.

Berlian Pink Legacy dulu dimiliki keluarga Oppenheimer yang sebelumnya mengelola perusahaan pertambangan De Beers. Berlian merah muda itu memang sedang menjadi tren. Pada November 2017, Pink Promise dijual senilai USD32,5 juta di Christie’s Hong Kong.

Harga berlian 15 karat itu sempat memecahkan rekor dengan penjualan USD2,17 juta per ka rat. Tapi itu dikalahkan Pink Legacy dengan USD2,637 juta perkarat. Pada April 2017, berlian 59,6 karat bernama Pink Star menjadi berlian yang paling mahal dijual pada lelang dengan nilai USD71,2 juta di Sotheby’s Hong Kong.

Itu juga menjadi berlian yang paling besar yang pernah dilelang. Selain perhiasan, Balai Lelang Christie’s juga melelang lukisan karya seniman Inggris, David Hockney.

Lukisan itu diperkirakan akan me mecahkan rekor penjualan lukisan di mana pelukisnya masih hidup. Lukisan berjudul “Portrait of an Artist (Pool with Two Figures)” diperkirakan akan terjual dengan kisaran USD80 juta di Balai lelang Christie’s New York.

Sebelumnya, perhiasan mewah milik Ratu Prancis Marie Antoinette (1755-1793) dilelang di Jenewa, Swiss. Perhiasan yang terdiri atas liontin, anting, kalung mutiara, dan berlian pertama kali dipamerkan di depan publik setelah tersimpan 200 tahun. Perhiasan itu merupakan mi lik kolektor Kerajaan Bourbon-Parma.

“Perhiasan Ratu Marie Antoinette merupakan salah satu koleksi perhiasan kerajaan paling penting yang pernah ada di pasar lelang,” ungkap rumah lelang Sotheby’s. Menurut Wakil Kepala Sotheby’s Daniela Mascetti, perhiasan itu sarat dengan sejarah kehidupan pemiliknya pada abad ke-17.

Kemudian para ahli perhiasan berpandangan perhiasan Ratu Marie merupakan barang langka yang sangat indah karena terbuat dari mutiara murni dan berharga. Salah satu perhiasan Ratu Marie yang memiliki banderol awal tertinggi ialah liontin berlian dan mutiara murni. Aksesori keluarga kerajaan itu ditaksir mencapai USD2 juta. (andika hendra)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini