nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal SKD CPNS Dinilai Sulit, BKN: Untuk Mencari Pemimpin 20-30 Tahun Lagi

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 14:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 23 320 1981782 soal-skd-cpns-dinilai-sulit-bkn-untuk-mencari-pemimpin-20-30-tahun-lagi-Wxmx7LuiU4.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mendapatkan banyak kritikan dari para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Sebab para peserta menilai soal dalam Seleksi Kompetensi Dasar di nilai terlalu sulit.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, soal yang dibuat untuk tes SKD sama sekali tidak ada perubahan. Hanya saja ada beberapa perubahan dalam penyesuaian dengan perkembangan zaman.

Maksudnya adalah perubahan yang dilakukan bukan perubahan secara konteks. Akan tetapi hanya perubahan secara masalah yang diperbaharui untuk mengikuti perkembangan zaman di masa sekarang dan masa mendatang.

Baca Juga: Rezeki Nomplok, 4 Menteri Ini Dapat Bonus dari Presiden Jokowi

"Dari sisi soal ujiannya itu kita harus melihat bahwa rekrutmen CPNS kali ini adalah untuk membangun atau mencari pemimpin Indonesia 20-30 tahun lagi," ujarnya kepada Okezone, Jumat (23/11/2018).

Menurut Bima, perubahan tersebut memang sengaja dilakukan oleh panitia untuk menghasilkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbaik. Apalagi menurut Bima, para CPNS sekarang memang diproyeksikan untuk menjadi pemimpin dalam 20-30 tahun lagi.

pns

Menurut Bima, era saat ini sudah tidak sama lagi seperti dengan era saat ini. Oleh karenanya, modifikasi soal ini sengaja dilakukan untuk menyaring para peserta yang benar-benar mampu berkompetensi di era mendatang.

"Kita liat 20-30 tahun lagi itu situasinya berbeda. Jadi soal lingkungan 20-30 tahun lagi itu kita tarik sekarang. Jadi soal-soal itu dibuat supaya mereka bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dan berkompetensi di era 30 tahun lagi," jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Naikkan Tunjangan PNS 4 Kementerian

Sebagai salah satu contohnya saja era pada saat ini, dimana industri teknologi digital merajarela. Padahal pada 10 tahun yang lalu, industri atau teknologi digital penggunaannya belum semasif saat ini

"Jadi peserta CPNS sekarang ini akan menjadi pimpinan 20-30 tahun lagu. Sekarang kalau mereka mau jadi pemimpin kira kira 20-30 tahun lagi itu seperti apa," jelasnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini