nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penampakan Kereta Buatan Inka Pakai Baja Krakatau Steel

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 09:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 07 320 1987976 ini-penampakan-kereta-buatan-inka-pakai-baja-krakatau-steel-9JRPDivOEa.png Foto: Sumber Instagram (KBUMN)

JAKARTA – PT Inka (Persero) menggunakan material baja dari PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS). Hal ini tentu menjadi bukti kemajuan industri dalam negeri yang tidak melulu mengandalkan impor.

Apalagi, BUMN konstruksi juga sudah sepakat menggunakan baja lokal buatan Krakatau Steel demi menekan tingginya impor baja yang berujung pada membaiknya neraca perdagangan.

Baca Juga: Inka Ekspor Gerbong Kereta ke Bangladesh

Kereta buatan Inka pun sudah diekspor berbagai negara. Sinergi BUMN ini akan terus dilanjutkan demi kemajuan industri dan menopang pertumbuhan ekonomi.

 

Seperti dikutip instagram Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (7/12/2018), gerbong kereta buatan PT Inka menggunakan material baja canai panas dari Krakatau Steel.

"Kereta ini merupakan pesanan dari pemerintah Bangladesh," tulisnya.

Nantinya sebanyak 250 kereta akan diproduksi oleh PT Inka dan dikirim ke Bangladesh hingga 2019.

 Baca Juga: Ekspor ke Berbagai Negara, Menteri Rini Ingin Kereta Buatan PT Inka Mendunia

Seperti yang diketahui, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menginginkan industri perkeretaapian Indonesia melalui PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka semakin berkembang pesat dengan didukung SDM yang terampil.

Hal ini dikatakan Rini saat menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT INKA dengan Politeknik Negeri Madiun di Kantor Pusat INKA, Madiun.

Rini menilai industri perkeretaapian Indonesia memiliki potensi dan prospek bisnis yang besar, apalagi produk kereta buatan dalam negeri sudah dikenal handal di dunia internasional khususnya kawasan Asia.

"Potensi yang kita miliki cukup besar. Ke depan industri perkeretaapian kita harus semakin maju dan paling terdepan," kata Rini melalui keterangan tertulisnya.

PT Inka pun sudah dikenal andal dan dan berpengalaman dalam memproduksi sarana perkeretaapian. Berkat inovasinya, karya-karya anak bangsa melalui INKA pun kian melejit, salah satunya rangkaian kereta lengkap (train set) yang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini