nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Akhir Tahun, Harga Bitcoin Anjlok 10%

Mulyani, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 16:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 07 320 1988201 jelang-akhir-tahun-harga-bitcoin-anjlok-10-gk1goX8oeo.jpg Bitcoin (Foto: Fortune)

JAKARTA – Pada perdagangan Jumat pagi di Asia, mata uang digital Bitcoin jatuh lebih dari 10%. Di akhir tahun ini, harga bitcoin memang sedang tidak bersahabat, dan telah jatuh 8% di awal bulan lalu.

Menurut data dari Coindesk, bitcoin diperdagangkan pada USD3.330,28 , turun 10,25%. Demikian seperti dilamsir CNBC, Jumat (7/12/2018).

Sementara itu, harga cyptocurrency terbesar kedua dan ketiga yakni XRP dan Ether berdasarkan nilai pasar juga mengalami penurunan yang tajam dalam periode 24 jam. XRP turun lebih dari 11% dan Ether turun lebih dari 16%.

Baca Juga: Harga Bitcoin Anjlok Lagi, Terendah Sejak September 2017

Menurut data dari Coinmarketcap, tahun ini pasar cryptocurrency memang sedang tidak menggembirakan. Seluruh kapitalisasi pasarnya jatuh hampir 86,96% dari level tertinggi pada bulan Januari. Volume perdagangan 24 jam juga jatuh sekitar 62,84 persen sejak saat itu.

Dalam berita terkait industri baru-baru ini, Securities and Exchange Commission (SEC) memposting pembaruan terkait proses persetujuan untuk proposal perubahan aturan bitcoin Exchange trade Fund (ETF).

ETF adalah produk keuangan yang melacak harga suatu aset dan terdaftar di bursa. ETF dipandang sebagai cara bagi investor institusional untuk masuk ke dalam investasi cryptocurrency dengan cara yang lebih aman daripada membeli bitcoin pada pertukaran aset-kripto.

ETF yang dimaksud adalah VanEck SolidX Bitcoin Trust, yang dibuat dalam tim di antara perusahaan manajemen uang VanEck dan perusahaan blockchain SolidX. Upaya ini adalah ketiga VanEck dalam menciptakan ETF bitcoin.

Baca Juga: Nilai Bitcoin Anjlok Sampai 25% dalam Seminggu

"Komisi sudah tepat untuk menunjuk periode yang lebih untuk mengeluarkan perintah untuk menyetujui atau menolak perubahan aturan yang diusulkan sehingga memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan perubahan aturan yang diusulkan ini," kata Asisten Sekretarus SEC Eduardo A. Aleman.

Terakhir kali SEC menunda keputusan pada ETF bitcoin VanEck SolidX, nilai bitcoin dihapus lebih dari USD9 miliar.

Sementara itu, anggota parlemen di AS berusaha untuk memperkenalkan aturan baru untuk industri cryptocurrency yang bertujuan untuk melindungi konsumen dan menjaga Amerika tetap di depan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini