nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Pelabuhan yang Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 13 320 1990947 daftar-pelabuhan-yang-siap-diresmikan-presiden-jokowi-pIZgDFX5PE.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan bersiap meresmikan dua pelabuhan dalam waktu dekat. Kedua pelabuhan tersebut yakni Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung di Medan dan juga Pelabuhan Makassar New Port.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo mengatakan, untuk pelabuhan Kuala Tanjung saat ini progres konstruksinya sudah rampung 100%. Dan saat ini statusnya tinggal menunggu untuk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Intinya sekarang (Pelabuhan Kuala Tanjung) siap diresmikan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Baca Juga: Pelabuhan Kuala Tanjung Ditargetkan Ekspor 600 Kontainer/Minggu

Sedangkan khusus Makassar New Port saat ini belum bisa diresmikan. Sebab, pelabuhan tersebut masih menunggu dalam penyediaan crane-nya.

Khusus untuk Makassar New Port ditargetkan bisa beroperasi pada Januari 2019. Dan untuk crane-nya diharapkan bisa datang dalam waktu dekat.

"Kalau Makassar New Port hampir selesai tinggal nunggu crane. Targetnya Januari juga sudah selesai," ucapnya.

Agus menambahkan, kedua pelabuhan tersebut secara teknis sudah siap untuk dioperasikan. Sebab kedua pelabuhan tersebut telah lulus uji coba yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

 Baca Juga: Terminal Petikemas Kuala Tanjung Mulai Diuji Coba

Khusus untuk Makassar New Port, uji coba dilakukan dengan meminjam crane miliki pelabuhan yang lama. Sebab, Saat ini crane di pelabuhan baru Makassar tersebut masih belum tersedia.

"Udah (uji coba) Kuala Tanjung juga udah, tinggal melengkapi crane-nya. Karena waktu uji coba pake crane di terminal lama dipindah sementara," jelasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini