nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buwas Tak Ingin Ada Impor Beras Tahun Depan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 16:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 27 320 1996715 buwas-tak-ingin-ada-impor-beras-tahun-depan-OUwLBTwhkq.jpg Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) ingin pemerintah tidak melakukan impor beras pada tahun depan. Pemerintah telah mengimpor sebanyak 2 juta ton beras pada tahun ini.

"Insya Allah, Insya Allah (tidak impor)," kata Buwas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Menurut Buwas, tidak ada perintah Bulog untuk mengimpor beras pada tahun depan berdasarkan hasil rapat koordinasi terbatas soal pangan. Sehingga, pihaknya juga akan melaksanakan hasil rapat tersebut bersama kementerian, dan BPS.

Baca Juga: Menko Darmin: Kalau Tidak Impor Beras, Tewas

"Kita mengikuti terus bagaimana perkembangan situasi, jadi enggak boleh terlena, jangan juga under estimate," terang purnawirawan Jenderal bintang tiga itu.

Ia memperkirakan akan ada panen raya yang mencapai 1,8 juta ton beras pada tahun depan. Lagi pula, sambung dia, stok beras di gudang Bulog sekarang mencapai 2,2 juta ton lebih.

"Katakanlah sampai 2 bulan ke depan, kita kehilangan paling banyak 300 ribu ton (beras), berarti masih ada 1,9 juta ton. Kalau 1,9 juta ton kita masukan 1,8 juta tol pada Juli, sudah 3,7 juta ton," papar Buwas.

22.500 Ton Beras Impor Asal Vietnam Tiba di Pelabuhan Indah Kiat Merak 

Menurut dia, beberapa tempat akan memulai masa panen raya pada Januari dan Februari, hingga puncak panen raya beras pada Maret dan April 2019 mendatang.

"Juni maksimal, makanya di beberapa tempat produksi beras atau gabah, gudang-gudang sudah kita kosongkan, untuk apa? Penyerapan," kata Buwas.

Dia memastikan bahwa stok beras akan selalu aman bila mampu memanajemen penyerapan panen raya dengan benar.

"Jadi kita banyak (beras), kembali lagi stok kita. Makanya saya bilang, kalau memanage dengan baik, kita tidak perlu impor," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini