Kepala Bappenas Lantik Direktur Eksekutif Komite Nasional Keuangan Syariah

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 03 320 1999341 kepala-bappenas-lantik-direktur-eksekutif-komite-nasional-keuangan-syariah-uk1iZUjK94.jpg Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian PPN/ Bappenas hari ini menyelenggarakan upacara pengambilan sumpah Jabatan dan pelantikan Direktur Eksekutif dan Direktur Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Pelantikan tersebut, dipimpin oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro selaku Sekretaris Dewan Pengarah KNKS.

Dalam sambutannya, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa KNKS ini dibentuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai dewan pengarah, di mana dirinya selaku Sekretaris Dewan pengarah tersebut.

Baca Juga: Banyak Wilayah Adat, Begini Cara Bangun Papua

"Pembentukan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) adalah wujud komitmen pemerintah untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia secara serius dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan," ujarnya di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Dia menjelaskan, KNKS mendapat amanat untuk mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan keuangan dan ekonomi syariah dalam rangka mendukung pembangunan.

"KNKS juga berperan untuk menyamakan persepsi dan mewujudkan sinergi antara para regulator, pemerintah, dan industri keuangan dan ekonomi syariah untuk menciptakan Sistem keuangan dan ekonomi syariah yang selaras dan progresif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia," ungkapnya.

Baca Juga: Akrabkan Pegawai Bappenas, Ini Cara Menteri Bambang

Dia berharap dengan pelantikan tersebut, KNKS bisa menjalankan msterplan keungaan syariah dari 2015. Sehingga semua bisa menjadi salah satu pemain utama. Seperti Bank syariah, asuransi syariah dan lembaga keuangan syariah.

"Kita juga berharap, infastuktur dari islamic finance, menjadi salah satu isu utama yang diperhatikan di KNKS. Dan Kita ini ngin praktek zakat dan wakaf di jalankan secara maksimal," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini