nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Semen Indonesia Kuasai Saham Holcim Indonesia

Jamilah, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2019 08:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 04 278 1999773 fakta-fakta-semen-indonesia-kuasai-saham-holcim-indonesia-sDFx0bTkVn.jpg Holcim (Foto: Istimewa)

JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) mengakuisisi 80,65% atau setara dengan USD1,75 miliar saham kepemilikan Lafarge Holcim di PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB).

Berikut fakta-fakta terkait Semen Indonesia yang menguasai saham Holcim Indonesia seperti dirangkum Okezone, Sabtu (5/1/2019):

1. Perseroan Mengakuisisi 80,0% Saham Milik Holcim

Holcim telah menandatangani perjanjian dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk soal akuisisi sahamnya dengan nilai USD1,75 miliar.

Pengumuman divestasi ini adalah merupakan langkah penting bagi LafargeHolcim dalam mencapai tujuan strategis setelah melalui rangkaian tinjauan portfolio secara menyeluruh sejak awal tahun. Divestasi saham yang dilaksanakan termasuk keseluruhan asset operasional LafargeHolcim di Indonesia di mana Holcim Indonesia mengoperasikan 4 pabrik semen, 33 Batching Plant beton siap pakai dan juga termasuk 2 tambang agregat.

Baca Juga: Kementerian BUMN Beri Restu Semen Indonesia Akuisisi Holcim

CEO LafargeHolcim Jan Jenisch menyampaikan, seperti pernah disampaikan sebelumnya, divestasi ini adalah bagian dari implementasi Strategi terbaru LafargeHolcim 2022.

2. BUMN Menyetujui Keputusan PT Semen Indonesia

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyetujui keputusan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) untuk mengakuisisi kepemilikan Lafarge Holcim di PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB).

Deputi Bidang Logistik Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengungkapkan, saat ini proses akuisisi tersebut memang belum sepenuhnya rampung. Hal ini karena masih terganjal beberapa proses perizinan di tingkat pemerintah daerah.

Baca Juga: Semen Indonesia Ambil Alih 80% Saham Holcim

“Itu karena ada beberapa perizinan concern pemerintah provinsi di lokasi opera si nya. Namun, penetral section saya rasa sudah shield ya,” kata nya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

3. Profit PT Semen Indonesia

Kinerja keuangan PT Semen Indonesia Tbk (SGMR) mencatat penurunan profit yang disebabkan tertekannya harga semen di semester I-2018, sebanyak 10% menjadi Rp1,09 triliun.

Kepala Biro Komunikasi PT Semen Indonesia Sigit Wahono menyatakan, saat ini total produksi semen di Indonesia sekitar 106 juta ton per tahun, namun kebutuhan di dalam negeri sekitar 70 juta ton. Tingkat permintaan pun terus tumbuh dikisaran 6%, namun pertumbuhan kapasitas semen di Tanah Air mencapai 15%-201% tiap tahunnya.

"Karena kalau kita ekspor itu profit turun karena di luar negeri logistik itu jauh lebih mahal dan harga juga tidak sebagus di Indonesia," sebutnya di Gedung Sindo, Jakarta, Kamis (20/9/2018)

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini