nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Industri 4.0, Semen Baturaja Implementasikan Sistem Taksis dan Strategis

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 04 Januari 2019 08:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 04 320 1999757 hadapi-industri-4-0-semen-baturaja-implementasikan-sistem-taksis-dan-strategis-6JQQCLqxzV.jpg Dirut Semen Baturaja Jobi Triananda (Foto: Semen Baturaja)

BATURAJA - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) terdepan berbasis System Application and Product In Data Processing (SAP) di awal 2019.

Direktur Utama SMBR Jobi Triananda Hasjim menjelaskan, setelah dilakukan riset yang lebih mendalam, BUMN yang dipimpinnya memerlukan sebuah sistem ERP yang mampu mengintegrasikan proses bisnis perusahaan yang semakin kompleks.

“Sehingga perlu ditangani dengan bantuan teknologi informasi (TI) yang lebih memadai, terintegrasi dan mutakhir,” katanya, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Baca Juga: Naik 38%, Baturaja Jual Semen 1,5 Juta Ton hingga September

Karena itu, manajemen SMBR akhirnya memutuskan mencari solusi baru yang bisa mengintegrasikan proses bisnis dari hulu ke hilir. Jobi menegaskan jika manajemen berkeinginan memiliki sistem informasi yang bisa dipakai untuk menunjang aspek operasional, taktis bahkan strategis.

Jobi menambahkan, jika sistem juga harus mampu menciptakan kemudahan, kecepatan dan kenyamanan bagi mata rantai bisnis di lingkungan perusahaan. Baik bagi pemasok, pelanggan, unit-unit kerja di lingkungan SMBR, serta stakeholder lainnya.

“Untuk itulah dipilih ERP berbasis SAP yang dinilai mampu mengakomodir kebutuhan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Masuki Era Industri 4.0, Teknologi Dijadikan Peluang bukan Ancaman

Menurutnya, sistem yang digunakan ini juga banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia.

“Jadi tidak berlebihan jika saya mengatakan SMBR siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan menuju perusahaan kelas dunia,” tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini