nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Alasan Jim Yong Kim Mundur dari Bos Bank Dunia?

Selasa 08 Januari 2019 08:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 08 20 2001328 apa-alasan-jim-yong-kim-mundur-dari-bos-bank-dunia-c3AxgSnMYH.jpeg Foto: Bos Bank Dunia (Dok IMF-WB Annual Meeting 2018)

JAKARTA - Kabar tak terduga datang dari perekonomian global. Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim memutuskan mundur dari jabatannya.

Kim dalam pernyataannya Senin 7 Januari 2019, menyebut bahwa dirinya akan resmi mengundurkan diri pada bulan depan. Pengunduran diri tersebut dilakukannya tiga tahun sebelum masa jabatannya habis.

Pengunduran diri Kim dari Bank Dunia tidak terduga, karena dia ditunjuk untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai presiden bank pembangunan multilateral itu pada 2016.

Baca Juga: Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Mengundurkan Diri

Kim pertama kali menjadi presiden Bank Dunia ke-12 pada 1 Juli 2012. Sebelum menduduki jabatan tersebut, dia menjabat sebagai presiden lembaga akademik terkenal di Amerika Serikat, Dartmouth College.

"Merupakan kehormatan besar melayani sebagai presiden lembaga yang luar biasa ini, penuh dengan orang-orang bersemangat yang berdedikasi dalam misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam hidup kita," ujar Kim, dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (8/1/2019).

Baca Juga: Presiden Pidato soal Game of Thrones, Pujian Bos World Bank: Kita Tak Bisa seperti Mr Jokowi

Kim yang sebelumnya mengambil alih kepemimpinan pemberi pinjaman global ini pada 2012 akan bergabung dengan perusahaan yang belum disebutkan namanya. Perusahaan itu berfokus pada investasi di negara-negara berkembang.

CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva nantinya akan menjabat sebagai presiden sementara untuk mengisi kekosongan setelah Kim mundur per 1 Februari 2019 mendatang.

Baca Juga: Bos Bank Dunia Mengundurkan Diri, Ini Penggantinya

Sementara itu, melansir dari CNBC, Kim yang memiliki latar belakang dokter dan pengacara bidang kesehatan masyarakat, menjadi orang keturunan Asia Amerika pertama yang menjadi Presiden Bank Dunia pada 1 Juli 2012. Ketika itu, ia dipilih oleh Barack Obama. Kim dikenal getol dalam mendorong pendanaan untuk proyek-proyek energi hijau dan mendukung untuk investasi tenaga batubara.

Beredar kabar bahwa pengunduran diri Kim karena berselisih dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Keduanya memang kerap berbeda pandangan soal perubahan iklim. Namun, dua orang yang akrab dengan Kim, mengatakan bahwa pengunduran dirinya atas kemauannya sendiri bukan tekanan dari pemerintahan Trump.

Presiden Trump akan memilih penerus Kim selanjutnya. Pasalnya, Amerika Serikat merupakan pemegang saham dan pengendali hak suara di Bank Dunia. Dalam sejarahnya, sejak berdiri tahun 1946, semua Presiden Bank Dunia merupakan warga negara Amerika Serikat yang dipilih oleh Presiden AS.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini