nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orang Terkaya di Dunia Jeff Bezos Bercerai, Pemegang Saham Amazon Khawatir

Mulyani, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 11:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 10 320 2002477 orang-terkaya-di-dunia-jeff-bezos-bercerai-pemegang-saham-amazon-khawatir-kg0qo44rEh.jpg Foto: Jeff Bezos (Reuters)

JAKARTA – CEO Amazon Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie telah mengumumkan rencana perceraian mereka. Hal ini membuat para pemegang saham khawatir karena kemungkinan sebagian aset kekayaan Bezos akan beralih ke MacKenzie.

Jeff Bezos merupakan pendiri Amazon dan pemegang saham terbesar perusahaan yang memiliki 16,3% sahamnya. Selama menikah dengan MacKenzie, Bezos telah mendirikan perusahaan antariksa Blue Origin dan membeli The Washington Post. Bezos juga merupakan orang terkaya di dunia.

Bezos berasal dari negara bagian Washington, dimana perusahaannya Amazon juga berkantor pusat di sana. Negara tersebut merupakan negara milik komunitas atau organisasi yang berada di bawah hukum negara.

 Baca Juga: Kekayaan Jeff Bezos Tembus Rp2.427 Triliun, Setara Pendapatan Negara Indonesia

Artinya, jika pasangan suami istri mengajukan perceraian di sana, semua aset dan utang yang didapat selama mereka menjadi pasangan suami istri, akan menjadi milik pihak laki-laki dan perempuan, atau tidak satu pihak saja.

Dalam Undang-Undang negara tersebut, apabila terjadi perceraian, aset-aset yang dimiliki harus dibagi secara adil kecuali jika perjanjian pranikah menyatakan sebaliknya. Saat ini belum diketahui apakah pasangan tersebut telah melakukan perjanjian tersebut atau tidak.

“Pembagian yang rata tidak selalu asetnya dibagi 50-50,” ujar pengacara perceraian David Starks, dilansir dari CNBC, Kamis (10/1/2019),

Menurut Starks, dalam kasus-kasus tertentu, pengadilan akan berusaha untuk meratakan aset sehingga kedua belah pihak berakhir dengan pijakan yang sama dalam jangka panjang. Jika salah satu pasangan memiliki potensi penghasilan yang lebih besar, kemungkinan orang tersebut akan menerima aset lebih sedikit karena mereka lebih mampu memenuhi kebutuhannya sendiri untuk jangka panjang.

Tetapi dalam kasus Bezoses, Jeff memiliki kekayaan bersih sebesar USD137 miliar menurut Index Billionaires Bloomberg, maka pengadilan mungkin akan membagi uang secara merata.

Perceraian Jeff Bezos dengan istrinya ini membuat para pemegang saham mengalami kekhawatiran, apakah perceraian dapat memengaruhi kendali Jeff Bezos atau tidak.

Baca Juga: Jeff Bezos Butuh Seperlima Detik untuk Dapatkan Gaji seperti Warga Jakarta

Beberapa ahli mengakatan, tidak bisa memikirkan bagaimana situasi lain ketika seorang pendiri perusahaan yang berpengaruh seperti itu menceraikan istrinya yang telah bersama sejak perusahaan berdiri. Dulu memang pernah ada yang seperti ini, yakni Rupery Murdoch dan istrinya, namun mereka memiliki perjanjian pranikah.

Asisten profesor hukum Universitas George Mason mengatakan, mungkin sulit bagi Bezos untuk berbagi kekayaan tanpa memengaruhi saham Amazon.

“Banyak perceraian CEO sebelumnya, namun mereka telah membangun kekayaan lain sebelum menjadi CEO,” kata Neyland. “Jadi saya pikir itu yang membuat berbeda, menjadi seorang CEO dan bercerai saat masih berjabat di kantor,” katanya.

Biasanya CEO dapat menghindari pembagian saham mereka dengan menyerahkan aset lain kepada pasangannya, seperti real estat dan properti lain.

“Semua kekayaan akan terikat di Amazon. Dalam hal ini, saya tidak tahu, namun saya membayangkan pasangannya akan mendapatkan sejumlah stok di Amazon. Jadi ini akan mengubah kepemilikan di Amazon,” ungkap Neyland.

Dengan demikian, Neyland menuturkan bahwa Amazon mungkin perlu menemukan struktur baru untuk memastikan bahwa Jeff Bezos masih memiliki kekuatan voting yang cukup dengan sahamnya, seperti menciptakan kelas-kelas saham yang berbeda dengan jumlah kekuatan voting yang bervariasi.

“Ini akan membutuhkan pengacara kreatif, atau membutuhkan presiden untuk ini,” katanya.

Tetapi Starks berspekulasi bahwa pasangan itu mungkin telah membuat kesepakatan mengenai hal itu dari jauh-jauh hari. Beberapa ketentuan penyelesaian mungkin terungkap dalam pengajuan Amazon SEC, namun Amazon masih menolak untuk berkomentar.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini