Share

10 Perusahaan Mainan Terbaik di Dunia, dari Lego hingga Nintendo

Mulyani, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 10 320 2002553 10-perusahaan-mainan-terbaik-di-dunia-dari-lego-hingga-nintendo-PfVLWln5St.jpg Lego (Foto: Mirror)

JAKARTA – Perusahaan manufaktur yang memproduksi mainan telah membuat berbagai macam mainan anak yang unik dengan rancangan sesuai standar khusus. Perusahaan-perusahaan tersebut mematok biaya yang bervariatif untuk produknya.

Sementara itu, perusahaan juga memastikan keamanan anak-anak dalam mainan tersebut dengan mematok standar yang diterapkan dalam produksi. Berikut 10 daftar perusahaan mainan anak terbaik di dunia, dilansir dari The Daily Records, Jumat (11/1/2019).

1. Lego

Perusahaan ini didirikan pada 1932 oleh Ole Kirk Kristiansen. Lego selalu memimpin daftar produsen mainan terbesar dan terbaik di dunia. Nama Lego terinspirasi dari batu bata Lego yang ikonik saat itu.

Baca Juga: Mengenal 6 Perusahaan Indonesia yang Masuk Daftar Terbaik Dunia

Perusahaan Lego beroperasi di Billund, Denmark. Lego memiliki lebih dari 1.225 toko di seluruh dunia, dan mulai memproduksi mainan dengan plastik bermerek. Perusahaan dengan mainan berkualitas tinggi ini pertama kali berjalan pada 1947. Mainan Lego memberikan kesempatan untuk anak-anak berpikir kreatif dalam mengatur balok yang dapat dibuat menjadi sebuah bangunan apapun.

2. Nintendo

Nintendo adalah perusahaan Jepang dengan sejarah yang kaya sejak 1889. Perusahaan ini telah bertahun-tahun memproduksi mainan hebat dengan video game untuk anak-anak.

Nintendo masuk ke pusat perhatian internasional pada 1970-an dengan produksi mainan hebat yang menggerakkan dunia. Perusahaan ini dinilai sebagai perusahaan mainan bernilai tinggi ke-3 di dunia dengan nilai perkiraan USD85 miliar.

Perusahaan ini terkenal dengan beberapa video game terbesarnya, yakni The Legend of Zelda, Mario, dan Metroid. Nintedo juga dikenal sebagai pemilik perusahaan video game hebat lain yang dikenal sebagai Pokemon.

3. Mattel

Mattel adalah perusahaan Amerika yang berkantor pusat di California. Perusahaan ini masuk ke ranah internasional pada tahun 1947 dengan produksi mainan anak bernama Uke-A-Doodle.

Salah satu hit terbesar mereka adalah pada tahun 1959 dengan produksi Barbie Doll. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah dikreditkan dengan memproduksi banyak mainan dalam model yang berbeda yang telah memukul pasar internasional. Hal ini mengakuisisi beberapa industri mainan terkenal di dunia termasuk Fisher Price, Hot Wheels dan Monster High.

4. Hasbro

Hasbro merupakan perusahaan internasional yang berakar di Amerika. Perusahaan ini juga disebut juga sebagai Hassenfeld Brothers atau Hasbro Bradley. Perusahaan ini berkantor pusat di Rhode Island tetapi pabrik produksinya dijalankan di Asia Timur.

Baca Juga: 6 Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Global Bergengsi, Siapa Saja?

Hasbro didirikan pada tahun 1964 oleh tiga saudara yakni Hassenfeld Hillel, Henry dan Herman. Salah satu produk terbesar dari perusahaan ini adalah mainan ikonik yang biasa dimainkan oleh anak laki-laki, yakni G.I. Joe.

5. Disney

Nama disney memang sangat terkenal di seluruh dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1929 dan sejak itu telah memproduksi berbagai macam mainan untuk anak-anak.

Merek-merek yang diproduksi oleh Disney tidak hanya disukai oleh anak kecil, namun untuk segala usia Terdapat beberapa fitur umum yang dibuat oleh perusahaan termasuk mainan kartun, mobil-mobilan, mickie dan Minnie, dan mainan pertempuran.

Mainan bermerek Mickey dan Minnie mouse dari Disney diproduksi setelah perjanjian yang dibuat dengan Perusahaan New York George Borgfeld & Company. Perusahaan memperluas dominasinya ke Inggris dengan memproduksi permen Mickey Mouse di Inggris, Mickey Mouse jots dan proyektor mainan berbasis engkol.

6. Nerf

Nerf adalah perusahaan produksi mainan raksasa yang diciptakan oleh Parker dan saudara-saudaranya. Saat ini perusahaan berada di bawah kepemimpinan Hasbro.

Perusahaan ini terkenal dengan produksi mainan senjata jenis busa yang terkenal dikalangan anak lelaki di seluruh dunia. Produk-produk dari perusahaan juga menampilkan permainan global yang berbeda termasuk sepak bola, bola basket dan baseball. Karena tingginya popularitas produk perusahaan dengan anak-anak laki-laki, pada 2013 perusahaan merancang lini produk baru dengan pendapatan tinggi dari penjualan mainan yang saat ini diperkirakan mencapain USD400 Juta yang dirancang khusus untuk anak perempuan.

7. Mega Brands

Mega Brands adalah perusahaan Kanada yang saat ini berada di bawah manajemen Mattel Inc. Perushaan ini memiliki berbagai produk mainannya yang meliputi Mega Puzzle, Rose Art, dan Board Dudes, dan semuanya merupakan merek konstruksi perusahaan.

Baca Juga: Induk Usaha Google Duduki Nomor 1 dalam Daftar Perusahaan Terbaik Dunia

Mega Brands terkenal dengan berbagai mainan yang dikreditkan sebagai permainan asah otak yang memiliki peringkat tinggi dalam meningkatkan pengembangan kreativitas anak. Merek Mega pada awalnya didirikan dengan nama Ritvik Holdings yang dimiliki oleh Victor Bertrand dan Rita istrinya. Sejak awal, produk perusahaan telah memenangkan pengakuan internasional memenangkan pasar di Kanada dan Amerika secara instan.

8. Barbie

Barbie pada dasarnya merupakan perusahaan Amerika yang didirikan pada tahun 1959. Fitur utama perusahaan adalah boneka mode yang merupakan mainan langka dan paling dicari oleh orang tua secara global. Perusahaan yang dimiliki oleh Mattel Inc. berutang pembentukannya kepada Ruth Handler seorang wanita bisnis terkemuka yang klaimnya menegaskan bahwa ide itu dipupuk di bawah pengaruh Bild Lilli, sebuah perusahaan Jerman yang dikreditkan dengan memproduksi boneka paling indah.

Produk-produk dari perusahaan ini ditujukan untuk anak perempuan dan telah mendapat pengakuan karena memproduksi mainan yang dengan mudah memenangkan hati para gadis. Boneka-boneka itu sangat ditekankan oleh gadis-gadis yang dipercaya memujanya sampai batas yang ingin menurunkan berat badan dengan tujuan menggambarkan boneka-bonekanya.

9. Playmobil

Playmobil adalah perusahaan Jerman yang berkantor pusat di Zirndorf. Perusahaan ini dimulai setelah periode tiga tahun penciptaan oleh pemodal Jerman. Mimpi di balik produk-produk dari perusahaan ini adalah menghasilkan mainan yang idealnya pas di tangan anak-anak.

Baca Juga: Mengenal 6 Perusahaan Indonesia yang Masuk Daftar Terbaik Dunia

Mainan ini menawarkan anak-anak aspek kunci untuk menyukai sebuah ciptaan sambil menggunakan kesempatan untuk bernavigasi di masa kecil. Mainan awal dari perusahaan menampilkan mainan dengan tinggi 7,5 cm, dengan kepala besar dan senyum lebar tetapi tidak memiliki hidung. Terlepas dari ciptaan ini, perusahaan ini dikreditkan dengan banyak model yang menampilkan mobil, bangunan dan hewan.

Mainan-mainan itu juga dibuat dengan tema dan set permainan yang berbeda-beda dan sedemikian mudahnya untuk berhubungan dengan gaya hidup dan lingkungan modern. Mainan dari perusahaan ini juga dijadikan sebagai platform untuk berbagai desain mainan.

10. Playskool

Playskool adalah perusahaan manufaktur mainan Amerika yang berkantor pusat di Pawtucket, Rhode Island. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1928 dan merupakan afiliasi dari Hasbro Inc. Playskool memiliki fitur produksi mainan pendidikan yang berupaya meningkatkan kapasitas intelektual anak dan menawarkan hiburan yang tak terbantahkan.

Perusahaan memproduksi mainan yang ideal untuk anak-anak yang baru lahir hingga usia prasekolah. Mainan oleh perusahaan menawarkan anak-anak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan motorik dan logis. Mainan ini sangat membantu perkembangan normal anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini