nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menakjubkan, China Punya Air Terjun Buatan Tertinggi di Dunia

Rany Fauziah, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 08:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 10 320 2002604 menakjubkan-china-punya-air-terjun-buatan-tertinggi-di-dunia-KGPitROUy4.jpg Air Terjun Buatan China (Foto: AFP)

JAKARTA - China merupakan negara yang teknologinya sangat berkembang pesat. Salah satu wilayah China yang teknologinya cukup canggih adalah Provinsi Guizhou. Saking canggihnya, kini China memiliki air terjun buatan tertinggi di dunia.

Melansir dari Business Insider, Guizhou merupakan daerah yang tumbuh cepat dengan berbagai proyek besar. Provinsi ini memiliki jembatan tertinggi di dunia dan teleskop radio parabola terbesar di planet ini.

Kini daerah tersebut membuat inovasi baru yaitu air terjun buatan terbesar yang terletak di gedung pencakar langit Liebian International Plaza, di kota Guiyang, Guizhou, China.

Baca Juga: Unicorn dengan Kecerdasan Buatan Terbesar di China

Air terjun dibangun oleh Ludi Industry Group. Direktur Perusahaan Cheng Xiaomao mengatakan, ingin mempromosikan citra hijau di Guiyang.

“Guiyang adalah kota pegunungan, dan dengan banyak pohon, seperti hutan. Dia ingin menciptakan perasaan air dan tanaman hijau, bahkan ketika Anda dikelilingi oleh gedung pencakar langit, ”kata Cheng kepada South China Morning Post.

Gedung pencakar langit ini memiliki tinggi 121 meter, dengan tambahan air terjun yang mengalir di bagian luar kaca yang setinggi 108 meter (350 kaki). Gedung Liebian International Plaza ini difungsikan sebagai hotel, ruang kantor, dan pusat perbelanjaan.

afp

Air terjun buatan ini selesai pada tahun 2016, tetapi hanya mengalir enam kali antara selesai dan Juli 2018.

Tetapi dari segi biaya, air terjun tersebut memakan biaya untuk menjalankan air terjun hanya untuk atraksi selama satu jam menambah sekitar USD120 ke tagihan listrik gedung pencakar langit tersebut. Butuh waktu dua jam untuk mempersiapkan air terjun mengalir dan alirannya didukung empat pompa air.

Kemudian jika air terjun tetap dinyalakan selama satu tahun penuh, biayanya sekitar USD1 juta. Itu hampir 10 kaki lebih tinggi dari Menara Kota Solar di Rio de Janeiro, Brasil, yang sebelumnya memegang rekor air terjun buatan manusia tertinggi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini