DPR Panggil Anak Buah Menteri Jonan Bahas Penggunaan Anggaran 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 16 320 2005164 dpr-panggil-anak-buah-menteri-jonan-bahas-penggunaan-anggaran-2019-6EhohvJo5u.jpg RDP Komisi VII dengan Kementerian ESDM (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP). Rapat dilakukan untuk mendengar persiapan program kerja dan anggarannya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di 2019.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ridwan Hasjim. Adapun RDP sdimulai pada pukul 11.15 WIB.

Dari pihak pemerintah rapat sendiri dihadiri oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Bambang Gatot Ariyono, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto.

Baca Juga: Fakta-Fakta Vale Indonesia Tawarkan Divestasi Saham ke Pemerintah

Pimpinan Rapat Ridwan Hasjimmengatakan, bahwa alokasi anggaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam RAPBN Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp4,98 triliun.

"Maka itu, dengan adanya anggaran sebesar itu, Kami (DPR), ingin melihat program kerja dan penggunaan anggaran di lingkungan ESDM pada 2019," ujarnya, Rabu (16/1/2019).

Baca Juga: Kementerian ESDM Evaluasi Tawaran Vale soal Pengambilalihan Saham

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat bahwa realisasi anggaran terserap hampir 90% meski juga masih ada pergerakan lainnya. Anggaran Kementerian ESDM tahun 2018 mayoritas direalisasikan untuk infrastruktur atau program yang manfaatnya dirasakan langsung oleh rakyat termasuk memberikan akses energi bagi masyarakat yang sebelumnya belum merasakan kehadiran energi sama sekali.

Dia mengungkapkan, 54% anggaran Kementerian ESDM pada 2018 dibelanjakan untuk belanja publik fisik untuk program yang menyasar langsung kepada rakyat kecil.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini