nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musi Banyuasin Jadi Kota Terbersih

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 09:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 18 470 2006116 musi-banyuasin-jadi-kota-terbersih-WrKCmGLVub.jpg Pemberian Penghargaan Adipura (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) membawa pulang penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil Terbersih dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan itu diberikan karena Muba dinilai sukses dan mampu menjaga komitmen mewujudkan sustanaible city (kota berkelanjutan) yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, sosial, dan ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik. Sebelum itu, Kabupaten Muba sempat beberapa tahun gagal mendapatkan Piala Adipura.

Namun di bawah komando Bupati Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Beni Hernedi, Muba mampu mengembalikan kepercayaan mendapatkan Piala Adipura. Mereka berhasil memenuhi indikator penilaian sehingga Piala Adipura kembali ke pangkuan kabupaten itu.

Piala Adipura ke-12 yang di raih Kabupaten Muba ini di serahkan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati Dodi Reza bersama 118 kepala daerah lainnya se-Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Adipura di Auditorium Dr Sujarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019).

“Penghargaan Adipura ini berkat komitmen semua warga Muba yang terus menjaga kebersihan di tempat masing-masing,” ujar Dodi.

Baca Juga: London Ingin Jadi Kota Taman Nasional Pertama di Dunia

Dia melanjutkan, Adipura sekarang ini meningkat karena selalu berevolusi dari tahun ke tahun tentang pengelolaan lingkungan. Jika dahulu kategori penghargaan Adipura hanya Terbersih, sekarang ini tentang pengelolaan lingkungan.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan bahwa program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan lewat pendekatan wilayah, implementasi kebijakan persampahan, dan implementasi kebijakan penghijauan.

Baca Juga: Revisi Perda RTRW Demi Wujudkan Kota Pariwisata

“Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adi pura adalah dalam hal implementasi atas amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, upaya, dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yaitu pengurangan sampah 30% dan penanganan sampah 70% pada 2025,” jelas Wapres.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati menyebutkan, melalui program Adipura, pemerintah kabupaten/kota diharapkan dapat mendukung target pengelolaan sampah sebesar 100% pada 2025 dan menjadi strategi nasional pengelolaan sampah 2025 dengan cepat dan terukur.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini