nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KKP Naikkan Target Konsumsi Ikan 2019 Jadi 54,46 Kg/Kapita

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 26 Januari 2019 09:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 26 320 2009673 kkp-naikkan-target-konsumsi-ikan-2019-jadi-54-46-kg-kapita-HDKvzUHTPm.png Foto: Menteri Susi Kampanye Makan Ikan (Twitter)

JAKARTA - Kampanye Gemar Ikan terus disampaikan Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) untuk menunjang kebutuhan protein masyarakat Indonesia supaya tumbuh cerdas dan sehat. Dengan hal tersebut, konsumsi ikan Nasional tahun ini pun diharapkan meningkat.

Berdasarkan data KKP, Sabtu (26/1/2019), ditargetkan konsumsi ikan tahun ini mencapai 54,46 kilogram (Kg) per kapita. Target ini naik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 50,65 kg per kapita.

Dalam realisasi 2018, angka konsumsi ikan ternyata melampaui target yang ditetapkan sebesar 50,65 kg per kapita. Tercatat konsumsi ikan tahun lalu lebih tinggi mencapai 50,69 kg per kapita.

Baca Juga: Investasi di Sektor Kelautan dan Perikanan Rp3,4 Triliun, Siapa yang Terbesar?

Menurut Menteri Susi, ikan menunjang kebutuhan protein masyarakat. Maka dari itu, anak-anak harus memahami bahwa Indonesia itu kaya akan sumber daya laut yang perlu dijaga dan dan dilestarikan.

Berdasarkan catat World Health and Seafood Congress, nilai gizi ikan dibandingkan daging per 100 gram. Omega 3 terdapat pada ikan laut. Jenis asam lemak ini tergolong PUFA atau asam lemak tak jenuh ganda dan tidak diproduksi oleh tubuh (harus banyak dikonsumsi),

Dalam 100 gram ikan mengandung 210 omega 3 sedangkan daging sekitar 22 mg. Dengan demikian, jika makan ikan membantu perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf dan masih banyak manfaat lainnya dengan konsumsi ikan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, di tengah era digital, di mana perkembangan media massa berbasis internet dan media sosial (medsos) sudah sangat menjamur di kalangan masyarakat sebagai wadah informasi yang dianggap cepat, tepat dan efisien. Oleh karenanya, pada peringatan Harkannas kali ini, KKP ingin mempromosikan dan mengajak seluruh kaum milenial untuk cinta makan ikan.

Baca Juga: PDB Perikanan Kuartal III 2018 Tembus Rp59,98 triliun

Yang membedakan Harkannas tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu kita ingin membangun budaya makan ikan ke arah yang kekinian alias lebih modern. Makanya kami ingin melibatkan kaum milenial untuk terus menggencarkan dan mempromosikan cinta makan ikan,” katanya.

Untuk bisa mengakomodir itu, dia telah membuat yang namanya Seafood Lovers Millennial. Karena, berdasarkan data dari Kementrian Pariwisata, 45% kunjungan wisata di Indonesia baik dari wisatawan mancanegara maupun domestik adalah wisata kuliner. Padahal hampir seluruh daerah di Indonesia mempunyai makanan khas yang berbahan baku seafood.

“Oleh karenanya kami ingin gaungkan agar kuliner seafood asli daerah bisa dikenal di penjuru dunia. Kita sebagai salah satu penghasil ikan dunia. Tapi makanan yang dikenal dan diakui dunia baru rendang, nasi goreng, sate, gado-gado, soto hampir mayoritas berbahan baku daging. Nah, kami ingin mempromosikan makanan khas seafood nusantara,” ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini