Gaji Karyawan Indonesia Naik 3,7%, Begini Hitung-hitungannya!

Sabtu 26 Januari 2019 14:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 26 320 2009697 gaji-karyawan-indonesia-naik-3-7-begini-hitung-hitungannya-mKAHpQoon8.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Prediksi kenaikan gaji yang diterbitkan oleh Korn Ferry (NYSE: KFY) mengungkapkan bahwa gaji di Indonesia diperkirakan naik 7,8%.

Namun setelah memperhitungkan tingkat inflasi Indonesia yang diperkirakan sebesar 4,1%, maka kenaikan gaji riil di Indonesia pada tahun 2019 diprediksi sebesar 3,7%, naik dari sebelumnya 3,4% tahun lalu.

“Kenaikan gaji tersebut mencerminkan optimisme di kalangan profesional bidang pengembangan SDM di Indonesia walaupun masih banyak tantangan, antara lain tantangan ekonomi, sosial dan budaya. Kalangan industri di Indonesia melihat adanya kesempatan untuk pertumbuhan bisnis," kata Stevanus Grandy Budiawan Head of Products Group, Korn Ferry Indonesia dalam keterangan pers yang dikutip Antara News, Sabtu (26/1/2019).

Baca Juga: Pemerintah Ubah Sistem, Transmigran Dapat Gaji UMP Selama 18 Bulan

Demikian pula, menurut Korn Ferry, para karyawan juga melihat kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Gaji di wilayah Asia diprediksi naik 5,6%, naik dari 5,4% pada 2018. Kenaikan gaji riil di Asia setelah memperhitungkan tingkat inflasi diperkirakan naik 2,6%, yang merupakan kenaikan terbesar di seluruh dunia. Namun persentase ini turun dari tahun 2018 yang mencapai 2,8%.

Negara-negara di Asia yang juga diprediksi mengalami kenaikan gaji dari tahun ke tahun termasuk Vietnam yang diperkirakan naik 4,8% dari sebelumnya 4,6% pada tahun 2018 dan Singapura yang diperkirakan naik 3,0% dari sebelumnya 2,3% tahun lalu.

Sebagian besar wilayah di seluruh dunia diprediksi mengalami persentase kenaikan gaji riil yang lebih rendah

Secara global, kenaikan gaji riil diprediksi hanya naik rata-rata 1,0%pada tahun 2019, menurun dibandingkan prediksi tahun 2018 yang mencapai 1,5%.

“Dengan laju inflasi yang meningkat di sebagian besar wilayah di seluruh dunia, kami memprediksi adanya penurunan kenaikan gaji riil secara global,” kata Bob Wesselkamper, Korn Ferry Global Head of Rewards and Benefits Solutions.

Baca Juga: Delapan Kota di Jawa Barat dengan UMK 2019 Paling Besar

“Persentase kenaikan atau penurunan gaji berbeda untuk setiap jabatan atau tingkatan, industri, negara dan wilayah. Namun satu hal yang sudah pasti, yaitu karyawan rata-rata tidak memperoleh persentase kenaikan gaji seperti tahun lalu.”

Pakar konsultan gaji Korn Ferry merekomendasikan agar perusahaan-perusahaan mengambil pendekatan holistik ketika menentukan gaji.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini