nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagasi Berbayar Jadi Sorotan Tim Pengendali Inflasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 20:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 29 20 2011091 bagasi-berbayar-jadi-sorotan-tim-pengendali-inflasi-0gdfi7rvXO.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Beberapa jajaran Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK hari ini menghadiri rapat terkait Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta.

Pada rapat tersebut hadir Menteri Kordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

 Baca Juga: Menko Darmin Akui Kenaikan Harga Tiket Pesawat Picu Inflasi

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, rapat kali ini membahas penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) yang melakukan bagasi berbayar. Hal ini akan memicu inflasi.

"Jadi untuk bagasi berbayar ini, Kemenhub masih melihat lagi. Dan, sebenarnya hal itu bisa dilakukan. Tapi harus ada limitnya," ujarnya, Selasa (29/1/2019).

 Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Naik dan Layanan Bagasi Tak Lagi Gratis Sumbang Inflasi

Dia juga menjelaskan, tim pengendali inflasi juga membahas batas atas tarif bagasi, karena secara aturan boleh. "Tapi apakah perlu dan dari Kemenhub memberikan batasan itu saja," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan rapat tim pengendali inflasi tersebut concern-nya sudah bagus.

"Untuk tantangan mengendalikan inflasi itu, di volatile food atau administered price. Di mana semuanya, tidak bisa satu-satu. Sama seperti kami juga volatile food-nya kemudian administered price juga dijaga," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini