nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diduga Monopoli Harga Avtur, Jokowi 'Sentil' Pertamina

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 09:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 320 2016698 diduga-monopoli-harga-avtur-jokowi-sentil-pertamina-8am9JPgAZP.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memanggil memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, untuk meminta kejelasan soal harga avtur di dalam negeri. Dia mengaku baru mengetahui bahwa Pertamina merupakan perusahaan yang memonopoli harga avtur.

"Besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina," tutur Jokowi, Senin Malam (11/2/2019).

Baca Juga: Besok, Jokowi Panggil Dirut Pertamina Bahas Harga Avtur

Presiden menyiapkan dua pilihan ke Pertamina. Jokowi meminta perusahaan minyak dan gas milik BUMN tersebut membuat harga avtur sesuai dengan pasar Internasional.

Kepala negara juga mengatakan, Pertamina harus menjadikan perusahaan lain memasok permintaan avtur jika tidak bisa membuat harga sesuai pasar internasional.

jokowi

"Pilihannya hanya satu, harganya bisa sama dengan harga Internasional tidak? Kalau tidak bisa, saya akan masukkan kompetitor lain. Sehingga terjadi kompetisi," kata dia.

Menurutnya, monopoli Pertamina dalam memasok avtur akan mengakibatkan tingginya harga avtur dalam negeri. Monopoli, kata Jokowi, akan berdampak negatif kepada sektor-sektor lainnya.

"Karena memang segitu menggangu, saya belum sempat mengundang, tapi sudah disampaikan dulu Pak Hariyadi (Ketua PHRI-red)," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini