nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjualan E-Commerce Naik 70% Selama Imlek

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 09:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 12 320 2016701 penjualan-e-commerce-naik-70-selama-imlek-WnIXbUBD10.jpg Belanja online (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Perayaan Tahun Baru Imlek 2019 mendatangkan berkah bagi industri belanja online atau e-commerce di Indonesia.

ShopBack, aggregator dari lebih dari 200 e-commerce di Indonesia, mencatat pertumbuhan volume transaksi hingga 70% dibanding rata-rata transaksi harian saat perayaan Imlek. Angka ini naik sekitar 10-15% dibandingkan volume transaksi tahun lalu hanya sekitar 55-60%. Country Head of Shop Back Indonesia Indra Yonathan mengatakan, pola konsumsi masyarakat Indonesia yang mulai merambah dunia digital dan online menjadi faktor peningkatan volume pemesanan ecommerce . “Tidak hanya volume pemesanan yang meningkat tahun ini, rata-rata belanja masyarakat Indonesia saat Imlek tahun ini juga turut meningkat,” ujar Yonathan di Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Pajak E-Commerce Harus Berlaku untuk Semua Platform

Berdasarkan data Shop Back, rata-rata belanja di platform e-commerce pada Imlek tahun ini sekitar Rp746 ribu atau naik 50% dari tahun sebelumnya hanya sekitar Rp480 ribu. Yonathan menambahkan, peningkatan volume ini juga tidak lepas dari beragam kegiatan promosi potongan harga serta cashback yang diberikan platform e-commerce menjelang perayaan Imlek 2019. “Selain promo Imlek, beberapa e-commerce juga ada yang memberikan program promo gajian atau festival belanja online pada tanggal cantik. Tren festival belanja pada tanggal cantik ini pun akan semakin semarak lagi tahun 2019,” ujarnya.

belanja online

Volume pemesanan di ShopBack sudah menunjukkan kenaikan dari dua pekan menjelang perayaan Imlek dan puncaknya terjadi pada seminggu menjelang. Data ini pun senada dengan hasil survei yang di lakukan ShopBack pada Februari 2018 terhadap lebih dari 1.100 responden di lima kota di Indonesia. Karena 40,1% responden mengaku telah membeli perlengkapan Imlek tujuh hari menjelang perayaan berlangsung. Sebanyak 24% mulai membeli perlengkapan dua pekan sebelum dan 16,4% sebulan sebelum.

(Hafid Fuad)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini