nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Benar Harga Avtur Pertamina Lebih Mahal? Ini Faktanya

Jamilah, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 11:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 12 320 2016734 apa-benar-harga-avtur-pertamina-lebih-mahal-ini-faktanya-5qt82cMhyp.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati untuk meminta kejelasan harga avtur di dalam negeri.

Sebab, Jokowi sudah menerima banyak keluhan terkait tingginya harga tiket pesawat untuk penerbangan di dalam negeri.

Menurut Presiden, tingginya harga tiket pesawat ini karena harga bahan bakar pesawat yaitu avtur di Indonesia ternyata sangat mahal.

 Baca Juga: Kagetnya Jokowi Harga Tiket Pesawat Mahal karena Avtur Dimonopoli

Apa benar harga avtur yang dijual Pertamina lebih mahal karena dimonopoli?

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menjelaskan, harga avtur di Indonesia masih terbilang murah dibandingkan dengan Singapura.

“Saya kira Pertamina bukan memonopoli avtur tetapi karena mereka yang bisa men-supply ke semua bandara di Indonesia,” ujar Mamit saat dihubungi Okezone, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

 Baca Juga: Menteri Jonan Minta Harga Avtur Pertamina Lebih Murah Dibanding Negara Lain

Mamit menambahkan, harga avtur milik Pertamina tidak lebih mahal dibandingkan negara lain. Sebagai perbandingannya, harga avtur Pertamina di Bandara Soekarno-Hatta USD42,3 sen per liter sedangkan di Changi harganya 53,8 sen per liter.

“Perlu dipahami juga, Pertamina harus men-supply avtur ke bandara yang masuk kategori remote (terdalam), sehingga mereka harus melakukan subdisi silang. Jika swasta ingin masuk,maka mereka harus bermain di wilayah remote (terdalam) juga,” katanya.

 Baca Juga: Diduga Monopoli Harga Avtur, Jokowi 'Sentil' Pertamina

Sekadar informasi, berdasarkan data WFS Shell dan China National Aviation Fuel (CNAF) dan Blue Sky yang selalu diterbitkan secara periodik, harga avtur Pertamina di Soekarno Hatta USD42,3 sen per liter.

Harga tersebut lebih murah dibandingkan dengan beberapa harga avtur di bandara internasional lainnya, seperti Changi, Singapura sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia yang mencapai USD56,8 sen per liter, dan bandara di China yang sebesar USD46,13 sen per liter-nya.

Bahkan harga avtur Pertamina ini, perbandingannya dua kali lipat lebih murah dibanding bandara SYD Kingsford di Australia dengan harga USD103,11 sen per liter.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini