nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendaftaran Pegawai Kontak Setara PNS Sudah Bisa Dilakukan lewat Situs Ini

Rikhza Hasan, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 09:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017202 pendaftaran-pegawai-kontak-setara-pns-sudah-bisa-dilakukan-lewat-situs-ini-HGTr8ZICdF.jpg PNS (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah dapat dilakukan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan lewat akun twitternya, pendaftaran seleksi PPPK Tahap I bagi Eks Tenaga Kerja Honorer Kategori-2 untuk jabatan Guru, Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian, sera Dosen atau Tenaga Didik Perguruan Tinggi Baru telah dibuka.

“Pendaftaran Seleksi P3K Tahap I (eks THK 2 guru, nakes, penyuluh pertanian, serta dosen/tendik PTN baru) dibuka,” tulis BKN, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

BKN juga menambahkan, para pelamar PPPK dapat melakukan pendaftaran melalui laman resmi. “Klik https://sscasn.bkn.go.id atau https://ssp3k.bkn.go.id . Ada pertanyaan? Silakan klik https://sscasn-helpdesk.bkn.go.id/akun.dpt,” jelas BKN.

Baca Juga: Seleksi Pegawai Kontrak Setara PNS Bisa Rampung Maret 2019

Asal tahu saja, untuk jabatan guru di lingkungan pemerintah daerah, menurut Menteri PANRB Syafruddin, harus mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar sampai saat ini (dapat dicek di http://info.gtk.kemdikbud.go.id).

Sedangkan untuk tenaga kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang kesehatan dan mempunyai sertifikat (STR) yang masih berlaku (bukan STR internship), kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi.

pns

“Adapun untuk Penyuluh Pertanian mempunyai kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian,” jelas Syafruddin.

Berdasarkan data base BKN, tercatat sebanyak 5.527 eks THK-II bidang kesehatan, dan guru/dosen sebanyak 129.938 orang. Adapun penyuluh pertanian, tercatat 15.355 orang, terdiri dari penyuluh pertanian yang direkrut oleh pemda sebanyak 454 orang dan penyuluh pertanian yang direkrut oleh Kementerian Pertanian sebanyak 14.901 orang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini