nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Avtur Turun, Harga Tiket Pesawat Bisa Murah?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 13:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017313 jika-avtur-turun-harga-tiket-pesawat-bisa-murah-vyNinAmAAV.jpg Foto: Harga Avtur (Antara)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyebut tarif tiket pesawat bisa saja turun. Asalkan harga avtur bisa diturunkan juga oleh PT Pertamina (Persero).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, jika harga avtur turun maka komponen-komponen dalam menentukan tiket pesawat juga bisa berubah. Artinya harga tiket pesawat juga kemungkinan besar bisa disesuaikan.

"Kalau harga avtur turun otomatis kan komponen-komponen biaya tarikan berpengaruh nanti kita lihat lakukan penyesuaian kembali," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Baca Juga: Terkuak Fakta, Harga Avtur di RI Sudah Turun Sejak November 2018

Meskipun begitu lanjut Polana, dirinya belum bisa menyebutkan berapa persen tiket pesawat akan turun dengan penurunan avtur pesawat ini. Sebab pihaknya masih harus melakukan kajian terlebih dahulu.

Pihaknya juga berencana memanggil pihak maskapai untuk menanyakan langsung berapa besaran yang bisa diturunkan jika avtur turun. Dari masukan tersebut barulah nanti pihaknya melakukan kajian untuk menentukan berapa persen dampaknya.

"Saya belum bisa kasih info karena sekarang sedang dilakukan pengkajian oleh Litbang. Litbang melakukan kajian hari ini dan besok memanggil airlines untuk melakukan perhitungan kembali terhadap tarif-tarif tersebut," katanya.

 Baca Juga: Pertamina Diminta Buka-bukaan soal Harga Avtur

Saat ini juga pihaknya terus melakukan komunikasi dengan pihak maskapai terkait masalah tarif. Khususnya adalah untuk mencari tahu bagaimana kemungkinan tarif pesawat bisa diturunkan.

"Kemudian juga dari dari direktorat angkutan udara juga hari ini pun sedang rapat dnegan airlines terhadap tarif," ucapnya.

Sebagai informasi, dalam penerapan tarif tiket pesawat ada berbagai macam komponen didalamnya. Salah satu yang terbesar memang harga avtur yang diperkirakan mencapai 40% terhadap tiket pesawat

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini