nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Rayakan Hari Valentine Tanpa Kuras Kantong

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 06:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017324 tips-rayakan-hari-valentine-tanpa-kuras-kantong-Y16fuTPi5r.jpg Hari Valentine (Foto: Pinterest)

JAKARTA - Hari Valentine atau hari kasih sayang jatuh setiap 14 Februari. Biasanya muda-mudi merayakan hari kasih sayang tersebut bersama pasangannya masing-masing. Tak jarang juga yang merayakan momen ini bersama keluarga tercinta.

Perayaan valentine biasanya diungkapkan dengan memberikan bunga ataupun cokelat, guna menandakan bahwa kita sayang kepada kepada pasangan atau keluarga. Banyak orang pun rela membeli mahal hal tersebut, supaya bisa merayakan Hari Valentine ini.

Namun seberapa penting ungkapan rasa sayang itu, jika ke depannya menggangu keuangan?

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menghemat Uang, Nomor 2 Patut Dicoba

“Itu sebenernya keinginan ketika orang ingin merayakan valentine. Tinggal lihat kalau memang punya budget silahkan saja tetapi kalau untuk orang yang pas-pasan merayakan valentine, maka itu bukan sebuah kepentingan untuk merayakan Hari valentine” ujar Perencana Keuangan Andoko saat dihubungi Okezone, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Menurut Andoko, jika ingin merayakan hari kasih sayang dengan keluarga atau pasangan, sudah sepatutnya menyiapkan anggaran jauh-jauh hari. Misalnya, budget pergi Sabtu dan Minggu digeser untuk dipakai tanggal 14 nanti.

“Kalau memang punya budget yang lebih dari itu silahkan. Lebih baik bilang ke pasangannya kalau Sabtu, Minggu jangan jalan untuk mengurangi budget. Buat anak muda memang ini enggak gampang karena mereka kan pasangan masih buta dan enggak peduli yang penting ngerayain,” ujarnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Berdasarkan Urutan Lahir

Intinya sebenarnya dalam segala apapun itu, harus ada perencanaannya. Misalnya mengganti bagian dari entertain setiap hari ke hanya Sabtu atau Minggu. Dan ingat, jangan memaksakan sampai Anda malah utang.

“Untuk merayakan Hari Valentine juga enggak perlu mahal- mahal seperti makan tidak harus ketempat yang mahal dan mewah, bisa juga ketempat yang biasa sering dikunjungi juga tidak masalah yang penting kan ada perayaannya kecuali orang-orang kalangan atas yang prestisius dengan Hari Valentine. Bisa juga untuk meminimalisir budget, kalau ada budget bulan sebelumnya yang tidak terpakai bisa digunakan untuk merayakan Hari Valentine,” ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini