nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengusaha Setuju Swasta Jual Avtur Saingi Pertamina

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 18:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017530 pengusaha-setuju-swasta-jual-avtur-saingi-pertamina-dvt8cQvvpi.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) meminta kepada pemerintah untuk segera mencarikan solusi terkait harga tiket pesawat yang mahal ini. Jika memang dikarenakan harga avtur yang mahal, maka pemerintah perlu segera mengambil tindakan cepat.

Sebab tiket pesawat yang mahal berdampak pada industri perhotelan. Di mana tingkat keterisian karena mahalnya tiket bisa turun hingga 40%.

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan, jika memang karena harga avtur, maka dirinya minta kepada Presiden Joko Widodo untuk membuka kompetisi. Maksudnya untuk mengizinkan perusahaan swasta ikut berjualan avtur.

Sebab selama ini memang hanya satu perusahaan yang yang menjual avtur yakni PT Pertamina (Persero) lewat Pertamina Aviation.

"Kami usulkan kepada Presiden kalau memang harga avtur lebih mahal, ya dibuka saja kompetisi, tidak hanya Pertamina boleh jual avtur, untuk menjawab masalah," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Baca Juga: Gara-Gara Pajak Avtur RI Lebih Mahal dari Singapura

Menurutnya, jika hanya satu dua pemain saja bisa jadi ada permainan harga. Bahkan dirinya menduga ada kartel dalam penjualan avtur pesawat jika hanya satu dua perusahaan saja yang menjualnya.

"Tetapi dengan di Indonesia hanya ada dua pemain besar, mereka sama-sama mengatur harga, kita jadi menduga jangan-jangan ada kartel mengatur harga," katanya.

Apalagi menurutnya, kenaikan harga avtur ini justru terjadi ketika low season. Seharusnya ketika low season seluruh harga mengalami penurunan untuk menarik pembeli.

"Dan agak anehnya pada saat low season ini kok malah naik harga. Atau jangan-jangan ini memang test case, kalau masyarakat tidak ribut ya itu harga yang terjadi," kata Hariyadi.

Baca Juga: Kemenhub: Harga Avtur Masih Bisa Turun Lagi

Hariyadi menambahkan, avtur memang menjadi komponen yang sangat besar dalam penetapan tarif tiket pesawat. Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo, struktur cost avtur dalam penetapan tiket pesawat adalah 40%.

"Airlines bilang 40% dari struktur costnya itu avtur, mereka katanya bayarnya lebih mahal. Meski kita tahu avtur di Indonesia juga mengandung Pajak Pertambahan Nilai (PPN)," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini