nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saingi Pertamina, BP-AKR Bangun 350 SPBU dalam 10 Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 16:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 14 320 2017982 saingi-pertamina-bp-akr-bangun-350-spbu-dalam-10-tahun-RgxUb4uYvb.jpg Kerja sama BP dan AKR Bangun SPBU (Foto: Okezone)

JAKARTA - British Petroleum (BP) dan AKR Corporindo meluncurkan bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada hari ini. Bisnis SPBU ini nantinya akan dikelola oleh perusahaan patungan keduanya yang diberi nama PT Aneka Petroindo Raya (APR).

Presiden Direktur AKR Corporido Haryanto Adikoesomo mengatakan, dalam 10 ke depan pihaknya akan membangun sekitar 350 SPBU di Indonesia. Artinya, setiap tahun akan ada 35 SPBU yang akan dibangun oleh perusahaan patungan tersebut.

Saat ini, SPBU milik kedua perusahaan tersebut sudah mulai bisa dinikmati oleh masyrakat. Adapun SPBU yang sudah mulai dioperasikan di kawasan BSD Tangerang.

"November 2018 buka di BSD. Jabodetabek dan Surabaya dan juga 350 stasiun di seluruh Indonesia dalam dekade berikutnya," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (13/2/2019).

Baca Juga: BP-AKR Patungan Bangun SPBU di Indonesia, Ini Jenis BBM dan Harganya

Sementara itu, Vice President New Market BP Downstream Neale Smither mengatakan, peluncuran bisnis hilir migas ini merupakan salah satu kontribusi kepada masyarakat Indonesia. Selain memang potensi Indonesia sangatlah besar.

Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang bagus di mana berada dikisaran 5%. Menurutnya, dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sangat bagus ini bisa berdampak pada angka konsumsi yang bagus pula.

"Kita kerjasama dengan AKR untuk membangun SPBU. AKR sudah terbukti untuk menyuplai dan memberikan pelayanan. Kita mau berkontribusi ke masyarakat indonesia dengan teknologi yang lebih baik," ucapnya.

Meskipun begitu, Neale enggan menyebutkan secara rinci berapa nilai investasi dari masing-masing SPBU tersebut. Sebab menurutnya, masing-masing SPBU memiliki investasi yang berbeda sesuai dengan daerahnya masing-masing.

"Agak sulit bilang angka, karena kita modelnya beda-beda di lokasi SPBU. Lahan bisa saja akuisisi dan leasing. Kita juga ada BP offer untuk kerjasama dan memberikan penawaran," katanya.

Baca Juga: Setelah Serpong, Kini SPBU BP Ada di Cikarang

Neale menambahakan, untuk minyaknya nanti akan berasal dari impor. Minyak impor tersebut nantinya akan dikelola oleh teknologi terbaru dari BP.

Namun ketika ditanyakan nilai investasi pembangunan SPBU yang dilakukan BP dan AKR, Neil tidak bisa menyebutkan. Sebab menurutnya setiap SPBU berbeda nilai investasinya.

"Asal usul minyaknya dari pasar internasional yang akan diimpor dibawa kemari dan diaktifkan dengan teknologi BP," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini