nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rampung Tahun Ini, Intip Megahnya Fasilitas Rusunawa Pasar Rumput

Jamilah, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 18 470 2019567 rampung-tahun-ini-intip-megahnya-fasilitas-rusunawa-pasar-rumput-sXxuUMm3KO.jpg Rusunawa Pasar Rumput (Foto: Facebook Jokowi)

JAKARTA- Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Pasar Rumput di seberang sungai Ciliwung, Jakarta Selatan sudah menampilkan wajah terbarunya.

Seperti yang dilansir dari akun Facebook Presiden Jokowi, dulu Pasar Rumput berupa pasar rakyat yang semata-mata hanya dikelilingi permukiman padat. Tahun 2016, Pasar Rumput dibangun dengan konsep baru yakni gabungan antara hunian, komersial dan pasar.

Berbentuk tiga menara yang menjulang 25 lantai, Rusunawa Pasar Rumput berisi hunian sebanyak 1.984 unit dan kios 1.314 unit.

Baca Juga: Pembangunan 5 Rusun TNI Kodam Jaya Telan Rp147 Miliar, Ini Penampakannya

“Nantinya, bagian bawah Rusunawa Pasar Rumput tetap jadi pasar seperti semula, sedangkan di bagian atas adalah tempat tinggal beserta prasarana pendidikan untuk anak-anak,” tulis Presiden Joko Widodo Jakarta, Senin (18/2/2019).

Jika tak ada halangan, Rusunawa Pasar Rumput akan rampung tahun ini dan diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dikelola lebih lanjut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Subsidi Diteruskan

Rusunawa Pasar Rumput hanyalah satu di antara 728 bangunan rumah susun yang telah dibangun pemerintah sepanjang tahun 2015-2018, dengan total hunian 44.893 unit. Tahun 2019 ini, ditargetkan pembangunan sejumlah 137 menara lagi, terdiri atas 6.873 unit hunian.

Pembangunan rumah-rumah susun tersebut jadi bagian dari Program Satu Juta Rumah untuk masyarakat yang membutuhkan hunian yang layak. Rusunawa jadi solusi yang tepat mengatasi masalah perumahan karena semakin mahal dan terbatasnya lahan untuk lokasi pembangunan rumah tapak, terutama di kota besar.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini