nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berlian 88 Karat Dilelang Rp175,6 Miliar

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 13:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 20 320 2020519 berlian-88-karat-dilelang-rp175-6-miliar-G10y44bbbE.jpg Oval Diamond (Foto: Forbes)

JAKARTA - Rumah lelang Sotheby menawarkan berlian sempurna alias tanpa cacat 88,22 karat pada Penjualan Magnificent Jewels dan Jadeite di Hongkong, 2 April mendatang. The D color, flawless, tipe Ila, dan Permata Oval Brilian memiliki perkiraan harga USD11,2 juta sampai USD12,7 juta atau Rp175,6 miliar (kurs Rp13.832)

Dilansir melalui Forbes, Rabu, (20/2/2019), rumah lelang tersebut menyebut batu "Sempurna" telah menerima peringkat tertinggi untuk warna, kejernihan, memotong, memoles dan simetri. Ada beberapa berlian yang pernah ditawarkan saat dilelang lebih dari 50 karat yang memiliki semua kualitas.

Baca Juga: Fakta-fakta Soal Ikan Tuna Rp44 Miliar yang Perlu Anda Tahu

Bahkan, itu adalah salah satu dari tiga berlian oval lebih dari 50 karat yang muncul dipelelangan dan yang terbesar akan dilelang dalam kurun waktu lima tahun. Untuk tipe IIa, jenis berlian yang paling murni secara kimia dengan transparansi optik yang luar biasa. Unsur batu ini terdiri dari kurang 2% dari Berlian Permata

Berlian ini berasal dari batu kasar 242 karat yang ditemukan di tambang Jwaneng di Botswana, yang dimiliki bersama oleh De Beers dan pemerintah Botswana dan dikenal karena memproduksi kasar berkualitas tinggi. Setelah penemuannya, batu kasar dipotong dan dipoles selama beberapa bulan untuk menghasilkan berlian-berilian oval simetris.

Baca Juga: Rekor, Tuna Sirip Biru Laku Rp44 Miliar

“Ketika Anda berpikir bahwa satu ton bumi yang ditambang menghasilkan kurang dari satu karat berlian, dan bahwa berlian berkualitas tinggi lebih dari 10 karat adalah langka, penemuan batu kasar 242 karat, kualitas permata dan ukuran luar biasa, tidak ada yang kurang dari keajaiban, ” kata Chairman Sotheby Asia Patti Wong.

"Berlian 88,22 karat sempurna adalah ringkasan dari segalanya, keajaiban alam, sebuah mahakarya yang dihasilkan dari kemampuan manusia untuk membentuk bahan paling keras di bumi menjadi objek kecantikan tertinggi dan bentuk kekayaan terkonsentrasi," tambahnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini