nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur BI: Suku Bunga Acuan Hampir Capai Puncaknya

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 16:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 01 20 2024550 gubernur-bi-suku-bunga-acuan-hampir-capai-puncaknya-zC3VfRnni8.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan sesuai keputusan rapat dewan gubernur (RDG), suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 6% masih dipertahankan.

"Kita sampaikan bahwa suku bunga bank itu sudah hampir mencapai puncaknya dan pada saat yang sama kita akan terus menambah likuiditas di pasar melalui operasi moneter kita," ujar Perry di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Baca Juga: Alasan Gubernur BI Tahan Suku Bunga di Level 6%

Dia menjelaskan, sejak Desember 2018, BI terus melakukan ekspansi likuiditas, demikian juga bulan Januari dan Februari 2019 itu.

"Bagaimana kita melakukan ekspansi likuiditas tentu saja dengan operasi moneter, khususnya melalui term repo maupun melalui swap valas," tuturnya.

Baca Juga: BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6%

Dia menuturkan dengan kejelasan frekuensinya tiga kali seminggu dan juga BI terus berkomunikasi kepada Bank.

"Sehingga BI ingin memastikan bahwa likuiditas di perbankan itu cukup untuk menyalurkan kredit. Dan untuk ekspansi, kita sudah menambah likuiditasnya itu sejak bulan Desember, kita melakukan tambahan ekspansi likuiditas, jadi operasi moneter itu kan ada yang kontraksi ada yang ekspansi," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini