Tiket AirAsia Hilang di Traveloka, KPPU: Lapor ke Kami

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 320 2025756 tiket-airasia-hilang-di-traveloka-kppu-lapor-ke-kami-T1LVfTqtgs.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - Industri penerbangan dalam negeri kembali bermasalah. Kali ini keluhan datang dari AirAsia. Sebab tiket AirAsia secara misterius di Traveloka untuk kedua kalinya dalam dua minggu terakhir.

Menanggapi hal ini, Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Guntur Syahputra Saragih mengatakan maskapai AirAsia sebaiknya melaporkan hal tersebut kepada KPPU, apabila merasa dirugikan oleh Online Travel Agent (OTA).

"Jadi, perusahaan maskapai memiliki hak untuk melaporkan kepada kami, jika memang perusahaan merasa adanya kecurangan yang dilakukan oleh pihak lain," ujarnya di kantor KPPU Jakarta, Senin (4/3/2019).

 Baca Juga: Kronologi Hilangnya Tiket AirAsia di Traveloka

Dia menjelaskan, dengan melaporkan dugaan kecurangan kepada KPPU itu, maka perusahaan nantinya akan mendapat bimbingan langkah apa yang seharusnya dilakukan perseroan.

"Kami, tentunya memberikan tindakan yang dianggapnya (curang). Oleh karena itu AirAsia bisa kirim surat kepada kami. Dan kami bimbing sesuai dengan standar pelaporan," katanya.

Sebelumnya, hilangnya tiket AirAsia dari Traveloka untuk pertama kalinya terjadi tanggal 14-17 Februari 2019, yang bertepatan dengan masa peningkatan taraf (upgrade) sistem pemesanan pada tanggal 16 Februari 2019 yang berlangsung selama 13 jam.

 Baca Juga: AirAsia Tarik Semua Penjualan Tiket dari Traveloka

Traveloka kemudian merujuk pada 13 jam masa perbaikan ini sebagai alasan hilangnya penerbangan AirAsia dari situs mereka ketika menjawab pertanyaan pelanggan.

Namun, penerbangan AirAsia kembali hilang untuk yang kedua kalinya dari Traveloka tanpa penjelasan pada 2 Maret 2019 jauh setelah upgrade sistem AirAsia selesai.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini