nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Cari Rumah? Pengembang: Coba Survei di Malam Hari

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 19:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 07 470 2027022 mau-cari-rumah-pengembang-coba-survei-di-malam-hari-BHWT92awC4.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) memberikan tips untuk membeli rumah. Khususnya bagi masyarakat yang akan membeli rumah pertaniannya.

Ketua Umum Himperra Harry Endang Kawidjaja mengatakan, hal pertama yang paling penting diperhatikan adalah lokasi. Menurutnya, lokasi ini harus diperhatikan secara rinci bagiamana kondisi sekitarnya.

Menurut Endang, untuk benar-benar mengetahui kondisi lingkungan sekitar ada baiknya melakukan survey. Bahkan menurutnya, kalau bisa survey yang dilakukan tidak hanya pada siang hari tapi juga pada malam hari.

"Coba datang malam-malam. Karena hawanya beda, auranya beda dengan siang," ujarnya kepada media di Jakarta, Kamis (7/3/2019)

Menurutnya, hampir sebagian besar waktu beraktivitas di rumah dilakukan pada malam hari. Sebab, pada pagi hingga sore hari aktivitas lebih banyak dilakukan di tempat kerja atau jalan.

"Kita pulang jam 19.00 hingga 20.00. Lalu akan di rumah kira-kira sampai 06.00 pagi. Kan semua gelap. Jadi kita harus tahu suasana malam hari seperti apa dibandingkan siang," jelasnya.

Selain itu, survey juga untuk mengetahui bagiamana akses rumah tersebut. Untuk membeli rumah kita harus mempertimbangkan kemudahan akses menuju tempat kerja.

Selain itu, kemudahan akses untuk kegiatan sehari-hari juga harus jadi pertimbangan. Misalnya dimana letak sekolah, rumah sakit , rumah orang tua hingga prospek peningkatan nilai tambah.

Selain itu, perlu juga membandingkan kualitas hunian dengan beberapa lokasi lain yang berdekatan. Bahkan, jika diperlukan mencari tahu dari konsumen yang telah membeli atas komitmen pengembang dalam memenuhi kewajiban membangun saranan dan prasarana serta utilitas pendukungnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini