nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK: Hanya MRT yang Dikerjakan Kontraktor Asing, Sisanya Lokal

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 15:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 14 320 2029952 wapres-jk-hanya-mrt-yang-dikerjakan-kontraktor-asing-sisanya-lokal-ghDadoBc7B.jpg Foto: MRT Jakarta

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut pembangunan infrastruktur sudah banyak yang dilakukan oleh kontraktor dalam negeri. Bahkan pengerjaan kereta Light Rail Transit (LRT) dikerjakan kontraktor lokal.

Berdasarkan datanya, hanya proyek MRT saja yang dikerjakan full oleh kontraktor asing. Sedangkan sisanya dikerjakan oleh kontraktor lokal maupun kerjasama.

"Sekarang kontraktor asing yang full hanya MRT Jakarta. Kalau LRT sudah perusahaan nasional," ujarnya di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Baca Juga: Jusuf Kalla: Jadi Kontraktor yang Bermanfaat bagi Negara

Hal tersebut, kata Jusuf Kalla menandakan jika kontraktor lokal sudah semakin maju. Meskipun memang masih banyak kekurangan yang masih perlu di upgrade.

"Ini menandakan bahwa Gapensi memajukan kita semuanya. Suatu bangsa dan negara mempunyai kemajuan kemajuan. Kemajuan ditandai bangunan infrastruktur, perumahan. Sama dengan negeri kita mendahulukan kepentingan masyarakat," katanya.

Menurut JK, beberapa hal yang perlu diperbaiki adalah bagaimana sikap profesionalisme dari para kontraktor. Maksudnya kontraktor jangan malu untuk bekerjasama dengan asing dalam mengambil ilmu dari perusahaan luar negeri.

"Karena itulah kita mengharapkan dalam dunia kontraktor profesionalisme," ucapnya.

Baca Juga: PUPR Integrasikan Perencanaan Pembangunan Infrastruktur

Apalagi pemerintah masih akan terus melakukan pembangunan infrastruktur di masa sekarang dan mendatang. Yang artinya, dibutuhkan kontraktor-kontraktor lokal yang berkualitas dalam hal pembangunannya.

"Itu berarti pekerjaan sebagai kontraktor tidak akan berhenti. Bangsa bertambah semakin maju dan dibutuhkan fisik," kata JK

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini