nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sindir Gapensi, Wapres JK: Kontraktor Swasta Tak Semaju BUMN

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 15:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 14 320 2029962 sindir-gapensi-wapres-jk-kontraktor-swasta-tak-semaju-bumn-eBk3msP3uq.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyentil para kontraktor swasta yang ada di Indonesia. Hal tersebut dia sampaikan dalam Musyawarah Nasional (Munas) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) 2019.

Menurut JK, kontraktor swasta masih kalah maju dibandingkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bahkan dari sisi kontribusi pembangunan terhadap negara pun jumlahnya masih lebih tinggi kontraktor BUMN yang membangun.

Baca Juga: Wapres JK: Hanya MRT yang Dikerjakan Kontraktor Asing, Sisanya Lokal

Menurutnya, tidak ada keberanian dari kontraktor swsta untuk mengambil proyek-proyek pembangunan yang ditawarkan pemerintah khususnya yang berada di luar Jawa. Hal itu yang membuat pemerintah akhirnya memberikan proyek tersebut kepada BUMN.

"Kita perlu perhatikan bahwa kontraktor nasional dari swasta tidak semaju dibandingkan perusahaan negara (BUMN)," ujarnya di JCC Senayan, Jakarta ,Kamis (14/3/2019).

Menurut JK, dalam dunia kontruksi seharusnya dituntut untuk profesional. Dirinya juga meminta kepada pihak swasta untuk lebih aktif dalam pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah.

"Artinya perlu adanya suatu profesionalisme di kalangan usaha. Diperlukan upaya, fokus, dan profesionalisme dalam memajukan usaha," ucapnya.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Jadi Kontraktor yang Bermanfaat bagi Negara

Apalagi lanjut JK, pemerintah masih akan terus melakukan pembangunan infrastruktur di masa sekarang dan mendatang. Yang artinya, dibutuhkan kontraktor-kontraktor lokal yang berkualitas dalam hal pembangunannya.

"Itu berarti pekerjaan sebagai kontraktor tidak akan berhenti. Bangsa bertambah semakin maju dan dibutuhkan fisik," kata JK.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini