nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Runway Bandara Sibolga Diperpanjang, Menhub: Kita Selesaikan

Arief Setyadi , Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 17:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 17 320 2031217 jokowi-minta-runway-bandara-sibolga-diperpanjang-menhub-kita-selesaikan-7pVhS8tmGE.jpg Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Okezone)

SIBOLGA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk memperpanjang runway Bandara DR Ferdinand Lumban Tobing, Sibolga. Hal itu dikatakan Jokowi saat meresmikan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Jokowi, ketika tiba di bandara dibisiki bupati Tapanuli Tengah, agar runway-nya diperpanjang. Tidak berhenti di situ, sesampainya di Pelabuhan Sibolga, Jokowi kembali dibisiki wali kota Sibolga dengan permintaan yang sama agar runway-nya diperpanjang.

Tujuan diperpanjang, katanya agar pesawat yang lebih besar bisa semakin banyak masuk ke kawasan ini. Kepala negara akhirnya langsung menginstruksikan Menhub untuk segera memperpanjang runway.

"Ini mumpung pas ada Menteri Perhubungan saya perintah sekalian diperpanjang airport-nya, runway-nya," katanya.

 Baca Juga: Ketika Presiden Jokowi Dibisiki 'Pak, Runway Bandara FL Tobing Diperpanjang'

Diharapkan Jokowi, dengan diperpanjangnya rumway bisa meningkatkan lalu lintas penerbangan. Bila sekarang dalam sehari hanya ada satu kali penerbangan dari Jakarta, dan di luar Jakarta hanya dua sampai tiga kali, nanti bisa lebih.

"Kita harapkan nanti setiap hari bisa lebih dari tujuh itu sudah bagus, pasti ekonomi akan berkembang disini," ujarnya.

Merespons instruksi Jokowi, Menhub menegaskan akan langsung melaksanakannya. Langkah awal yang akan dilakukan adalah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat karena ada konsekuensi yang harus dilakukan berupa pemotongan jalan.

"Jadi nanti kita mesti buat jalan di bawah landasan, kalau dikembangkan ke arah timur kan ada jalan itu. Sambil kita bicara dengan bupati untik pembebasan tanah, sekaligus kita desain kira-kira seperti apa panjangnya," ujarnya.

 Baca Juga: Bandara Bukit Malintang Dibangun Tahun Ini

Kendati demikian Menhub memastikan proses tersebut akan segera dilaksanakan. Bahkan, dirinya menargetkan bisa selesai dalam dua tahun.

"Ya pasti, segera, dalam dua tahun kita selesaikan," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini