Dampak Akuisisi Disney atas Fox Senilai Rp1.000 Triliun, 4.000 Karyawan Di-PHK?

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 20 320 2032652 dampak-akuisisi-disney-atas-fox-senilai-rp1-000-triliun-4-000-karyawan-di-phk-ryl8LHwCTe.jpg Pesawat Boeing (Foto: Reuters)

JAKARTA - CEO Walt Disney Bob Iger tampaknya sangat puas dengan tuntasnya akuisisi atas 21st Century Fox yang nilainya mencapai USD72 miliar atau Rp1.000 triliun (kurs Rp14.000 per USD).

Walau begitu, dia menyebutkan jika tantangan belum usai kendati transaksi telah closing. Pasalnya, masih tahapan untuk menyatukan dan menyelaraskan Disney dan Fox agar bisa berkolaborasi dengan baik. 

Untuk itu usai tuntasnya akuisisi, Bob Iger menyebarkan memo internal kepada karyawan. Dia juga meminta semua pihak agar bersabar, termasuk para karyawan.

Baca Juga:  Disney Akuisisi Fox Rp1.000 Triliun, CEO Bob Iger "Tantang" Netflix

Pasalnya, diproyeksi akan terjadi PHK atas 4.000 karyawan imbas akuisisi tersebut. "Kami akan berusaha secepat mungkin untuk memberikan kejelasan," kata dia, dilansir dari deadline. 

Dalam surat internalnya tersebut, Iger mengakhiri dengan membahas ketidakpastian dan kecemasan yang berasal dari konsolidasi yang dikhawatirkan akan menimbulkan PHK tersebut.

 disney

"Saya berharap saya bisa memberitahu Anda jika bagian tersulit mungkin sudah terlewati. Closing deal adalah akhir dari tujuannya. Tantangan ke depan adalah bagaimana bekerja untuk menyatukan bisnis kita untuk mencitpakan perusahaan entertaiment global yang dinamis, baik itu dari sisi konten, platform dan bagaimana men-deliver experiences dari produk industri ini kepada konsumen," jelas dia.

"Proses integrasi adalah sebuah evolusi, dengan sejumlah sisi bisnis akan berdampak lebih besar dari sisi yang lain. Kami telah membuat banyak keputusan penting. Tapi memang beberapa hal masih dalam evaluasi. Kami mungkin tidak memiliki sejumlah jawaban untuk semua pertanyaan pada saat ini. Tapi kami komit untuk secepatnya memberikan kejelasan sejauh mana dampaknya," tegas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini