nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Tahan Suku Bunga Acuan, Menko Darmin: Jangan Terlalu Dipusingkan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 20 2033270 bi-tahan-suku-bunga-acuan-menko-darmin-jangan-terlalu-dipusingkan-mRKUqPGT6q.jpg Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.

Keputusan tersebut konsisten dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal perekonomian, khususnya untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan dalam batas yang aman dan mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik.

Baca Juga: BI Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6%

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, keputusan BI tersebut tidak perlu dipusingkan. Pasalnya Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Fed juga menahan kenaikan suku bungannya.

"BI 7-day Reverse Repo Rate, apa sih yang kamu pusingkan. Karena Amerika juga nahan. Kenapa kita harus ubah. Artinya begini, semuanya itu membaca situasi kalau tidak diubah itu tidak memperburuk situasi ya sudah tidak diubah. Tapi kalau harus diubah yang kenapa? Harus dilihat," ujarnya, di Kemenko Perekonomian Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca Juga: Alasan BI Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6%

Menurutnya, keputusan harus dilihat biasanya The Fed memutuskan merubah suku bunganya atau tidak. Bilamana diputuskan tidak ada perubahan, maka tidak perlu diubah (suku bunga acuan BI).

"Ya paling tidak ekonomi Amerika Serikat, jangan global dulu. Paling tidak ekonominya AS tidak lebih bagus. Jadi, apabila soal kiatnya masing-masing bagaimana memanfaatkan situasi itu. Itu sebabnya ini bukan sesuatu yang global aja. Yang tidak bisa dibagi-bagi. Ini semua bisa di bagi bagi. Tidak usah khawatir," kata dia.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini