nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lebaran 2019, Pemerintah Fokus Aspek Keselamatan Bukan Kemacetan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 14:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 21 320 2033077 mudik-lebaran-2019-pemerintah-fokus-aspek-keselamatan-bukan-kemacetan-xmyg7sTnin.jpg Foto: Konferensi Pers Persiapan Mudik Lebaran 2019

JAKARTA - Pemerintah merapatkan barisan untuk menghadapi musim mudik Lebaran yang akan berlangsung beberapa bulan lagi. Seperti diketahui lebaran Idul Fitri sendiri akan berlangsung pada tanggal 5 dan 6 Juni 2019 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan, pada tahun ini pemerintah akan berfokus untuk mengutamakan keselamatan dalam mensukseskan mudik Lebaran 2019. Oleh karenanya, pada tahun ini tema yang dimunculkan adalah Mudik Selamat Guyub Rukun.

"Selama ini yang menjadi perhatian adalah kemacetan-kemacetan. Sekarang dengan Korlantas Polri aspek keselamatan akan diutamakan menjadi prioritas," ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca Juga: Kemenhub Sediakan 1.300 Bus untuk Mudik Gratis Lebaran 2019

Budi menjelaskan, meskipun mengutamakan keselamatan namun pihaknya juga tidak melupakan aspek kelancaran. Oleh karena itu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri untuk pembangunan haturkan lalu lintas di lapangan.

"Kita sudah melakukan beberapa rapat koordinasi dengan Korlantas Polri. Jadi pertama terkait ancaman yang disampaikan. Pertama kita utamakan keselamatan dan kemudian aspek kelancaran," jelasnya.

Salah satu yang menjadi aspek keselamatan adalah meliputi keselamatan di jalan dan juga air dan penyebrangan. Untuk dijalan baik tol dan jalan nasional pemerintah akan melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri untuk pengaturan lalu lintas.

Baca Juga: Dibuka, Peserta Mudik Motor Gratis Sudah Terisi 30%

Di sisi lain, pemerintah juga akan tetap mengadakan mudik gratis pada tahun ini. Tujuannya agar jumlah masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi berkurang.

"Kita akan meningkatkan mudik gratis (pada tahun ini)," ucapnya. 

Sementara dari sisi penyeberangan, pihaknya juga akan memberikan perhatian penuh. Khususnya pada penyeberangan danau hingga sungai yang mana pada tahun lalu terjadi kecelakaan pada kapal penyeberangan Sinar Bangun di Danau Toba.

"Tahun lalu setelah lebaran adalah kita ada Sinarbangun. Kita enggak mau kecolongan," kata Budi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini