nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Prediksi Investasi di Triwulan I-2019 Melambat, Ini Alasannya

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 15:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 21 320 2033106 bi-prediksi-investasi-di-triwulan-i-2019-melambat-ini-alasannya-8vS2LlRLeS.jpg Foto Investasi (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan I-2019 tetap kuat ditopang permintaan domestik. Namun, untuk pertumbuhan investasi akan melambat.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pada triwulan I tahun ini, konsumsi diprakirakan tetap tinggi, didukung daya beli dan keyakinan konsumen yang terjaga. Selain itu, stimulus fiskal yang berlanjut khususnya melalui belanja sosial, serta belanja terkait persiapan Pemilu menjadi penopang tumbuhnya ekonomi.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pemerintah Terus Tingkatkan Investasi di Indonesia

"Investasi sedikit melambat pada triwulan I-2019 akibat pola musiman awal tahun, dan diprakirakan kembali menguat pada triwulan-triwulan berikutnya didukung proyek infrastruktur," ujarnya, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Namun demikian, kata Perry, peran ekspor neto menurun sejalan dampak melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan menurunnya harga komoditas. Penurunan ekspor terjadi di kelompok pertanian dan pertambangan, serta beberapa komoditas di kelompok barang manufaktur.

Baca Juga: Kadin Minta Unit Khusus Proyek KPBU di Kemenhub

"Ke depan, di tengah prospek ekspor yang menurun, bauran kebijakan Bank Indonesia, Pemerintah, dan otoritas terkait akan terus diperkuat guna menopang permintaan domestik dan terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2019 pada kisaran 5,0-5,4%," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini