nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.200 Bus Disediakan untuk Mudik Gratis Lebaran, Ini Daftar Tujuannya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 320 2033114 1-200-bus-disediakan-untuk-mudik-gratis-lebaran-ini-daftar-tujuannya-GS4SVNAZM5.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Pemerintah akan kembali menyelenggarakan program mudik gratis Lebaran pada tahun ini. Pada mudik gratis di sebut akan lebih besar dibandingkan tahun lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan, untuk mudik gratis pada tahun ini menyediakan sekitar 1.200 bus gratis. Adapun rinciannya adalah 880 saat arus mudik dan 330 bus saat arus balik.

"Pertama kita akan meningkatkan mudik gratis akan ditambah 1.200 bis," ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Selain itu menurut Budi, Kemenhub juga menyiapkan sekitar 100 unit truk pada musim mudik lebaran ini. Adapun rinciannya 75 truk untuk arus mudik lebaran dan 25 truk untuk arus balik.

Baca Juga: Kemenhub Sediakan 1.300 Bus untuk Mudik Gratis Lebaran 2019

Menurut Budi, penyediaan truk ini nantinya dikhususkan untuk mengangkut sepeda motor milik peserta mudik gratis. Sehingga masyarakat bisa tenang dan aman menjalankan mudiknya.

"Kami juga siapkan truk untuk mengangkut motor-motor pemudik," ucapnya.

Mengenai kota tujuan pemudik pada tahun ini juga akan bertambah dibandingkan tahun lalu. Pada tahun ini bus gratis ini melayani perjalanan mudik ke 40 kota.

"Kalau tahun lalu hanya 32 kota. Di tahun 2019 40 kota tujuan," ucapnya.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2019, Pemerintah Fokus Aspek Keselamatan Bukan Kemacetan

Menurut Budi, Jawa Tengah menjadi kota provinsi yang paling banyak menyediakan rute musik ada sekitar 25 kota tujuan mudik gratis yang dilayani pada tahun ini.

"Jawa Barat Cirebon , Banjar kemudian Kuningan. Jawa Tengah paling banyak 25 kota. Dari mulai Slawi, Pemalang hingga Purwokerto. Jawa Timur cukup banyak Madiun, Tuban hingga Pacitan," jelasnya.

Sedangkan khusus Sumatera, nantinya akan ada tambahan kota tujuan mudik gratis. Tahun ini mudik gratis dengan bus melayani tujuan Lampung dan Palembang.

"Tahun ini Sumatera kita tambah selain Padang itu ada Lampung dan Palembang," ucapnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini