Presiden Jokowi Bangun Tol Langit, Ini Penjelasan Kepala Bappenas

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 28 320 2036294 presiden-jokowi-bangun-tol-langit-ini-penjelasan-kepala-bappenas-MAA2lvcsyA.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro memberikan penjelasan terkait tol langit yang sudah dibangun oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Asal tahu saja, Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengatakan, Jokowi telah membangun 'tol langit' guna mendorong lahirnya perusahaan startup unicorn yang memiliki nilai valuasi lebih dari USD1 miliar di Indonesia.

Baca Juga: Membandingkan Busway Argentina dengan Infrastruktur Indonesia

"Banyak yang mempertanyakan apa sih maksudnya tol langit? Tol langit tuh simpel, sesuatu yang berkaitan dengan teknologi informasi, komunikasi. Kan semuanya memang lewat langit. Satelit ada di langit. Satelit enggak ada di bawah laut," ujarnya di Hotel Puri Denpasar Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dia mencontohkan, Palapa Ring itu fisiknya, tapi dampak kehadiranya membuat lancar hubungan komunikasi. Oleh karena itu, proyek Palapa Ring Barat, Tengah, Timur harus selesai tahun ini.

Baca Juga: Menhub: Bangun Infrastruktur Tak Hanya di Jawa tapi Aceh hingga Papua

"Kalau terjadi ini bakal jadi backbone yang kita jadi lebar. Komunikasi jadi lebih cepat, lebih murah, dan lebih penting menunjang kesaiapan kita menghadapi industri 4.0. Jadi untuk mencapai industri 4.0, selain menyiapkan SDM, jangan lupa menyiapkan infrastrkturnya. Jangan sampai SDM sudah jago-jago kemudian infrastrukturnya tidak memadai,” tuturnya.

Banyak juga, kata Bambang yang bilang jika Indonesia tertinggal soal teknologi. Padahal mereka tidak mengetahui bahwa banyak ahli kita ada bidangnya tersebut.

"Contohnya teknologi dirgantara sama nuklir. Kalau ditanya sudahkah Indonesia punya ahli engineer untuk penerbangan? Jawabannya banyak," tegasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini