nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina Tunjuk Barata Bangun Terminal LPG di Kupang

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 01 April 2019 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 01 320 2037778 pertamina-tunjuk-barata-bangun-terminal-lpg-di-kupang-Lqm7GQjftt.jpeg Pembanguan Terminal LPG (Foto: Dokumentasi Pertamina)

KUPANG - PT Pertamina (Persero) menunjuk salah satu BUMN konstruksi yakni PT Barata (Persero) dalam Pembangunan Terminal LPG di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Logistics Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo mengatakan, penunjukan ini setelah melalui proses seleksi, di mana Barata dinilai berpengalaman dan kompetitif dalam mengerjakan proyek tersebut

“Di sini terlihat bahwa kerjasama sesama BUMN bisa terlaksana dengan sangat baik dan kompetitif untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia dalam acara Groundbreaking Pembangunan Terminal LPG Tenau, Kupang, NTT, Senin (1/4/2019).

Baca Juga: Pertamina Bangun 4 Terminal LPG di Wilayah Timur Indonesia, Nilainya Rp1,2 Triliun

Pertamina sendiri menganggarkan belanja untuk proyek ini mencapai Rp272 miliar-Rp300 miliar. Di mana targetnya Terminal LPG di Kupang ini rampung pada 2020.

Direktur Utama Barata Indonesia Oksarlidady Arifin menambahkan, proyek pembangunan Terminal LPG di Kupang bukanlah proyek yang pertama, sebab perseroan sudah mengerjakan proyek serupa di beberapa daerah di Jawa. Dirinya pun optimistis, pembangunan bisa rampung dalam kurun waktu 18 bulan.

"Kepercayaan mengerjakan proyek ini memotivasi kami untuk selesaikan dengan mutu dan kurung waktu sebaik-baiknya, yakni 18 bulan," katanya.

Pertamina

Sinergi BUMN antara Pertamina dan Barata ini pun, diharapkannya mampu memberi manfaat dalam mendorong program konversi energi ke LPG di Kupang bisa berjalan dengan baik. Sebab masih banyak masyarakat Kupang yang menggunakan minyak tanah.

"Proyek terminal ini untuk porsi Barata sendiri nilainya Rp150 miliar. Kami melihat akan adanya efek domino jika investasi kami belanjakan di sini. Berharap masyarakat bisa segera merasakan manfaat dari proyek ini," tutup Oksarlidady.

Adapun ruang lingkup pembangunan Terminal LPG Tenau, Kupang terdiri dari pembangunan dua unit tangki LPG pressurized berkapasitas 500 metrik ton (MT) yang dilengkapi dengan sarana dan fasilitas pendukung. Selain itu, terdapat pembangunan dermaga atau jetty baru berkapasitas 1.000-6.000 deadweight tonnage (DWT) untuk penerimaan LPG dari kapal tanker.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini