nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dicek Jokowi, Tol Manado-Bitung Beroperasi Oktober 2019

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 20:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 03 320 2038678 dicek-jokowi-tol-manado-bitung-beroperasi-oktober-2019-sMA2KceigO.png Foto: Tol Manado-Bitung (PUPR)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung. Jalan Tol yang dibangun sepanjang 39 kilometer (Km) tersebut ditargetkan akan rampung pada tahun ini.

Pembangunan tol ini sudah mencapai 80% dan akan mulai beroprasional pada Oktober mendatang. “Tadi sudah saya cek, sudah 80% selesai. Insya Allah nanti September maksimal Oktober (2019) operasional,” ucap Presiden dalam kunjungannya ke Sulawasi Utara, dilansir dari Instagram Kementerian PUPR, Rabu (3/4/2019).

Baca Juga: Pembayaran Ganti Rugi Lahan Tol Aceh - Sigli Beres Tahun Ini

Kehadiran Jalan Tol Manado-Bitung menghubungkan Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat atas permasalahan arus serta volume lalu lintas yang semakin padat.

Jalan Tol dengan nilai investasi Rp5,12 Triliun ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran akses Pelabuhan Internasional Bitung sebagai salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur.

Sementara itu, pengerjaan fisik ruas jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) seksi IIA hingga pertengahan Maret 2019 mencapai 80,2%.

"Total panjang ruas jalan seksi IIA ini yakni 11,5 kilometer," kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung George Manurung, dikutip dari Antaranews, di Manado.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Tol Balikpapan-Samarinda Selesai 2019

Pengerjaan fisik di seksi IIB, kata dia, agak lambat bila dibandingkan dengan seksi IIA karena saat ini masih 12,86% dengan total ruas sepanjang 13,5 kilometer.

"Kita memang terus memacu pengerjaan fisik baik di seksi IIA dan IIB. Salah satu kendala pembangunan fisik di seksi IIB adalah lahan yang dibebaskan masih spot-spot, belum keseluruhan," katanya.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini