nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Pekerjaan Ini Akan 'Hilang' di Masa Depan

Sabtu 06 April 2019 20:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 06 320 2039985 7-pekerjaan-ini-akan-hilang-di-masa-depan-hlGPcReReN.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pekerjaan dengan penghasilan tinggi memang menarik banyak minat. Tentu saja, pekerjaan dengan gaji tinggi juga memiliki risiko besar. Dan seiring tren kemajuan industri digital, ada beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi yang diprediksi akan hilang oleh kemajuan jaman.

Mengutip dari CNBC Make It, Sabtu (6/4/2019), terdapat tujuh jenis pekerjaan yang memiliki gaji tinggi yang akan berkurang 2% dalam beberapa tahun ke depan oleh kemajuan teknologi digital, dimana 79% dari tenaga kerja petugas kebakaran kereta akan tidak diperlukan lagi. Apa saja 7 pekerjaan tersebut?

Baca Juga: Tips Jadi Kaya Sebelum Hari Tua

1. Petugas turbin di pembangkit listrik

Bergaji USD82.510 per tahun. Kemajuan teknologi membuat ruang kontrol juga dimodernisasi. Dengan kecanggihan teknologi, jenis pekerjaan untuk petugas turbin pembangkit listrik akan hilang. Pasalnya pekerja ini akan kesulitan menemukan pekerjaan pengganti dengan bayaran tinggi di bidang serupa. Perkiraan penurunan pekerjaan ini di 2026 sebesar 3%.

2. Konduktor kereta api

Bergaji USD60.300 per tahun. Konduktor adalah jenis pekerjaan mengelola kru di kereta barang dan penumpang. Mereka juga mengawasi pemuatan dan pembongkaran penumpang atau kargo yang aman dan benar. Tetapi penurunan permintaan untuk pengangkutan komoditas curah, seperti minyak dan batubara, membuat berkurangnya permintaan akan keterampilan mereka. Perkiraan penurunan pekerjaan ini di tahun 2026 sebesar 2%.

kereta

3. Petugas surat

Berpenghasilan USD74.840 per tahun. Para pekerja ini menangani layanan operasional dan administrasi kantor pos. Kendati demikian, dengan kecanggihan teknologi dari sistem penyortiran otomatis, kotak surat klaster dan anggaran ketat akan secara drastis mengurangi jumlah pekerja pos pada tahun 2026 mendatang. Saat ini saja, banyak orang memilih membayar tagihan secara elektronik dan email untuk menangani tugas-tugas yang dulu hanya melalui surat. Perkiraan penurunan pekerjaan ini tahun 2026 sebesar 21%.

4. Operator pabrik kimia

Rata-rata gaji USD62.170 per tahun. Operator pabrik kimia mengawasi dan mengoperasikan proses kimia hingga sistem mesin yang digunakan pabrik. Tetapi kombinasi peningkatan efisiensi di pabrik dan tekanan untuk menjadi lebih ramah lingkungan, telah mengakibatkan lebih sedikit pekerja yang dibutuhkan untuk mengelola pabrik kimia. Perkiraan penurunan pekerjaan tahun 2026 sekitar 9%.

5. Petugas pemadam kebakaran kereta

Rata-rata gaji USD60.360 per tahun. Dalam beberapa tahun ke depan, lebih dari tiga perempat orang yang memegang gelar ini akan menganggur. Karena peralatan dan instrumen di kereta api saat ini akan berbeda dengan kereta di zaman mendatang. Sehingga sangat sedikit perusahaan kereta api yang akan mempertahankan pekerjaan ini. Pekerjaan instrumen kereta api akan lebih banyak diserahkan kepada otomatisasi atau insinyur. Perkiraan penurunan pekerjaan ini di 2026 sebesar 79%.

6. Petugas asuransi

Rata-rata gaji USD69.760 per tahun. Perusahaan asuransi saat ini mulai banyak menggunakan kemajuan teknologi dan perangkat lunak untuk meningkatkan aplikasi asuransi mereka. Penggunaan teknologi ini pun praktis karena dapat diproses oleh setiap pekerja secara individual, sehingga bakal mengurangi jumlah penjamin asuransi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perkiraan penurunan pekerjaan di tahun 2026 sebesar 5%.

asuransi

7. Programmer komputer

Bergaji USD82.240 per tahun. Kita pun bertanya di era digitalisasi dan komputerisasi, peranan pekerjaan programmer komputer akan menurun? Bisa. Karena berkat kehadiran internet maka perangkat yang didukung oleh internet, membuat pemrograman komputer dapat dilakukan dimana saja di dunia.

Dan perusahaan tidak lagi mengandalkan kepada programmer dengan bayaran besar. Mereka bisa mengalihtugaskan kepada orang yang mempunyai bidang ini, tanpa harus jadi pegawai tetap, atau orang-orang di negara lain dengan bayaran yang lebih rendah. Perkiraan penurunan pekerjaan ini pada 2026 sebesar 7%.

(Rina Anggraeni-Sindonews)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini