nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jejak Karier David Malpass, si Tukang Kritik Kini Pimpin Bank Dunia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 16:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 07 20 2040224 jejak-karier-david-malpass-si-tukang-kritik-kini-pimpin-bank-dunia-AjTbyXbHIv.jpg Presiden Bank Dunia David Malpass (Foto: Reuters)

JAKARTA - Dewan Bank Dunia (World Bank) telah sepakat menunjuk David R. Malpass sebagai Presiden baru yang memimpin institusi keuangan global itu untuk masa jabatan 5 tahun ke depan. Malpass bakal menjalankan tugas barunya mulai Selasa, 9 April 2019.

Malpass yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri untuk Urusan Internasional di Departemen Keuangan AS, merupakan kandidat yang diusung Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sekaligus menjadi satu-satu kandidat dalam bursa pemilihan Presiden Grup Bank Dunia.

Malpass dikenal sebagai tokoh yang suka mengkritik Bank Dunia. Sejak 2017, dia mengkritik pemberian pinjaman Bank Dunia ke China, alasannya negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu terlalu kaya untuk mendapat bantuan.

Baca Juga: Trump: David Malpass Orang yang Tepat Jadi Bos Bank Dunia

Terlebih, China juga telah meningkatkan beban utang sejumlah negara berkembang dengan program pembangunan infrastruktur Belt and Road.

Malpass juga pernah mengkritik, institusi global seperti Bank Dunia tumbuh besar dan kuno. Maka tantangan yang dihadapi yakni bagaimana kembali mempertajam fokus lembaga tersebut kepada hal-hal yang penting dan sulit.

Baca Juga: David Malpass Jadi Bos Bank Dunia

Malpass merupakan orang terdekat Trump dan pernah bertugas sebagai penasihat ekonomi Trump selama masa kampanye pemilu 2016. Pasca kemenangan, Malpass juga bertugas di tim transisi Trump. Pemimpin baru Bank Dunia ini juga merupakan figur penting dalam negosiasi perdagangan antara AS dan China.

Dirinya pernah bertugas di Departemen Keuangan dan Departemen Luar Negeri pada masa kepemimpinan Presiden Ronald Reagan dan George H.W. Bush. Di tahun 1993 – 2008, Malpass sempat menjadi kepala ekonom di bank investasi yang kini sudah tutup, bernama Bear Stearns.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini