nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjalanan Swedia Jadi Negara Sukses Kembangkan Energi Terbarukan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 16:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 10 320 2041629 perjalanan-swedia-jadi-negara-sukses-kembangkan-energi-terbarukan-x2ZAlUPbqo.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Swedia dinilai menjadi negara percontohan bagi Indonesia dalam mengembangkan energi terbarukan (EBT). Oleh karena itu, Indonesia menggandeng Swedia dalam mengembangkan objek energi baru ini.

Perwakilan dari Badan Energi Swedia Paul Westin mengatakan, Swedia sejatinya negara pemula untuk pengembangan energi terbarukan. Awal mula pengembangan tersebut bermula pada 1960-an ketika itu sumber daya alam Swedia semakin menipis.

"Pada awal tahun 1960-an, Swedia mengakui bahwa hilangnya sumber daya alam yang cepat harus dihadapi," ujarnya dalam forum diskusi di Menara Apindo, Jakarta, Selasa (10/4/2019).

 Baca Juga: Indonesia-Swedia Kerja Sama Kembangkan Energi Terbarukan

Akhirnya menurut Paul, pada 1970 hingga 1980 pihaknya mulai melakukan eksplorasi sumber-sumber energi baru. Apalagi ketika itu, terjadi krisis minyak mentah besar-besaran.

"Selama krisis minyak tahun 70-an dan 80-an, upaya luar biasa dilakukan untuk menemukan sumber energi baru, menciptakan cara-cara baru untuk melindungi bangunan dan mengembangkan sistem penghematan energi otomatis," katanya.

Sejak saat itulah, Swedia menjadi negara yang paling bagus dalam mengembangkan energi terbarukan. Bahkan, lebih dari setengah energi yang digunakan di Swedia berasal dari sumber energi terbarukan dan sebagian besar listrik yang dihasilkan sudah bebas fosil.

"Swedia berhasil menggabungkan PDB tinggi dengan emisi karbon rendah. Mencapai energi berkelanjutan dengan tetap mempertahankan biaya kompetitif adalah tantangan tetapi tidak mungkin," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Unipower AB yakni Anders Larsson mengatakan, dalam beberapa kunjungannya ke Indonesia diakuinya jika Indonesia sebagai kunci di pasar Indonesia. Adapun caranya adalah dengan menemukan mitra lokal yang baik dan strategis yang dapat bekerja dalam jangka panjang.

 Baca Juga: Penggunaan Energi Terbarukan Indonesia Masih Kalah dari India

Menurutnya, perwakilan bisnis yang baru, delegasi berikutnya akan berlangsung di pasar menengah kecil Swedia yang inovatif, untuk berbagi pengetahuan dan mencari mitra lokal. Selama 5-10 April 2019, beberapa perusahaan Swedia yang inovatif dalam solusi energi berkelanjutan datang ke pasar dan bertemu para pemangku kepentingan Indonesia. Perusahaan tersebut adalah Clim Dlaboratory, Grund pada bulan September 2019.

"Kami mempertimbangkan memiliki bisnis jangka panjang di Indonesia karena potensinya dan dalam program ini, kami merasa didukung dalam membuat koneksi seperti itu," ucapnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini